Information Systems Departement

September 22, 2016

IBM Design Thinking : Kuliah Tamu di Jurusan Sistem Informasi ITS

Filed under: Events, SI News, Sarjana, Slider — shimawan @ 9:40 am

_MG_0270

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS – Pada hari Jum’at (9/9), bertempat di Plasa Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) diadakan Kuliah Tamu Mata Kuliah Sistem dan Teknologi Informasi (STI). Mengambil tema tentang “Introduction Into The New IBM : IBM Design Thinking,” kuliah yang diadakan untuk mahasiswa Semester 1 dan peserta mata kuliah STI ini mendatangkan dua pembicara langsung dari IBM Groningen, Belanda. Mereka adalah Hera Kusyuniansari MA dan Leon Steneker BA.

Hera adalah seorang desainer grafis, ilustrator sekaligus fotografer. Asli Indonesia namun tinggal dan bekerja di Amsterdam, Belanda. Meraih gelar Bachelor of Arts dalam bidang Seni dan Teknologi dari Saxion University of Applied Sciences Belanda, dan Master of Arts dari Utrecht School of the Arts Belanda berpredikat lulus dengan pujian.

Dalam beberapa tahun terakhir, perempuan yang juga sempat mengenyam pendidikan di SMU Negeri 5 Surabaya ini terlibat dengan beberapa lembaga kreatif internasional, bekerja menangani tugas-tugas yang berhubungan dengan konsultasi pemasaran, dan penciptaan ide untuk beberapa merek besar seperti Red Bull, Heineken, Absolut, Shell dan Braun.

Sementara pembicara kedua, Leon Steneker adalah seorang warga negara Belanda. Pemimpin bidang desain IBM Client Innovation Centers Europe, studio desain IBM yang ada di Groningen Belanda ini juga meraih gelar Bachelor of Arts-nya dari Saxion University of Applied Sciences Belanda.

Berpenampilan casual anak muda adalah ciri bule yang juga seorang owner dari LQD Skateboards, sebagai rintisan bisnis bidang olahraga skateboards berikut aksesoris dan busananya yang sudah dilakoninya selama lebih dari lima tahun. Tak hanya itu, sejak 2008 ia juga merintis pendirian Mohshuhn Creative & Communication, usaha di bidang motion graphics & visual effects, pembuatan desain web & web development, corporate identity hingga video editing.

Dalam kuliah yang disampaikan dalam bahasa Inggris tersebut, baik Hera maupun Leon, selain menceritakan bagaimana perkembangan IBM sebagai raksasa teknologi informasi, namun juga menekankan pada betapa pentingnya mempunyai pola pikir seperti seorang designer IBM. Dalam proses bekerjanya, seorang designer dituntut untuk berada dalam teamwork, sehingga kolaborasi dan kerjasama adalah sesuatu yang esensial.

_MG_0276

IBM berpikir bahwa semua sistem di dunia harus berorientasi pada bekerja melayani orang, dimana IBM Design Thinking sebagai jantungnya: sebuah kerangka kerja untuk membantu tim menyelesaikan masalah pengguna secara cepat dan sesuai dengan skala tuntutan perusahaan masa kini.

Konsep observing-reflect-making dalam sebuah putaran lingkaran terus-menerus akan membantu memahami apa yang terjadi saat ini dan membayangkan masa yang akan datang. Observing mempunyai arti bahwa seseorang dituntut untuk membenamkan diri pada kenyataan yang ada dilanjutkan dengan reflect yang diterjemahkan pada usaha secara bersama-sama melihat sesuatu lebih dalam, hingga making saat kemudian memberikan bentuk kongkret untuk ide-ide yang masih abstrak tersebut.

IMG_20160909_133835

Setelah presentasi diakhiri, sesi tanya jawab dimulai. Dengan dimoderatori oleh salah satu dosen team teaching Mata Kuliah STI yaitu Irmasari Hafidz SKom MSc, sesi ini juga sekaligus menjadi ajang mengasah kemampuan mahasiswa Jurusan Sistem Informasi ITS untuk berani bertanya dengan menggunakan bahasa asing. Animo mahasiswa cukup antusias, hingga keseluruhan sesi kuliah tamu harus diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari Jurusan Sistem Informasi ITS yang diserahkan oleh salah satu dosen team teaching Mata Kuliah STI, Amalia Utamima SKom MBA kepada kedua pembicara. (shi)

Melebur dalam FTIf, Jurusan Sistem Informasi ITS Ramaikan Pembukaan Dies Natalis ITS ke 56

Filed under: Events, SI News, Slider — shimawan @ 9:28 am

14183849_10154509806409269_2037105140255120989_n

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS – Pagi itu (9/9) tampak keramaian di halaman Graha Sepuluh Nopember. Bukan wisuda bukan pula ada acara pernikahan yang biasa dilangsungkan di gedung kebanggaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tersebut, namun ada keramaian acara Pembukaan Dies Natalis ITS, event perayaan hari jadi tahunan ITS yang di tahun 2016 ini menginjak usia ke-56.

Ribuan civitas academica ITS turut memeriahkan acara tersebut, yang melibatkan semua elemen dari semua fakultas, jurusan dan unit dari kampus yang terkenal sebagai Kampus Perjuangan tersebut. Dosen, karyawan, mahasiswa membaur menjadi satu menyemarakkan pembukaan acara yang tahun ini mengambil tema “Membangun Peradaban Madani” ini.

14291701_10154509806069269_4758388661526329856_n

Tak terkecuali dengan Jurusan Sistem Informasi ITS, yang bersama dengan Jurusan Teknik Informatika bergabung di bawah panji Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) sebagai fakultas termuda di ITS. Sedari pagi, tampak mahasiswa baru dari kedua Jurusan berbasis teknologi informasi tersebut dikerahkan. Membentuk barisan rapi kompak dengan kostum senada dan tak lupa atribut bendera kebesaran, dengan didampingi oleh kakak kelas dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FTIf maupun dari Himpunan Mahasiswa kedua Jurusan. Sementara itu, pada barisan yang lain juga tampak kekompakan diantara pegawai FTIf. Dosen dan karyawan melebur, tampil kompak mengenakan seragam atasan biru, bawahan putih dan bersepatu warna senada.

Diawali dengan senam pagi bersama tepat pukul 06:00 WIB, yang kemudian dilanjutkan dengan persiapan barisan kontingen untuk selanjutnya defile kontingen diberangkatkan bersama-sama menuju Stadion ITS, tempat dimana seremoni Pembukaan Dies Natalis ITS 56 dipusatkan.

IMG-20160916-WA0003

Dipimpin langsung oleh Wakil Dekan FTIf, Erma Suryani ST MT PhD yang juga adalah dosen Jurusan Sistem Informasi ITS, kontingen FTIf berjalan kaki bersama dengan barisan dosen dan karyawan memimpin di depan dan diikuti oleh barisan mahasiswa. Diiringi yel-yel bergelora yang membakar semangat melangkah keluar meningggalkan halaman Graha Sepuluh Nopember kemudian menyisir jalanan yang sempat ditutup searah sementara untuk masuk gerbang utama ITS menuju tempat acara.

IMG-20160916-WA0002

Sempat terhenti beberapa saat beberapa kali untuk merapikan barisan dengan barisan fakultas lain di depan, hingga memasuki stadion ITS. Senyum cerah mengembang dan lambaian tangan tak lupa disampaikan kepada Rektor ITS beserta para Wakil Rektor, Dekan, Pimpinan Unit dan tamu kehormatan lain saat kontingen berjalan melintasi depan podium kehormatan hingga membentuk formasi barisan di bagian tengah stadion untuk selanjutnya mengikuti rangkaian acara Upacara Pembukaan Dies Natalis ITS ke 56 yang dibuka secara resmi oleh Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD dengan ditandai pelepasan balon berwarna-warni dan sejumlah burung dara yang menghiasi langit Stadion ITS. (shi)

September 8, 2016

Ini Kisah 3 Dosen Wali Baru Jurusan Sistem Informasi ITS

Filed under: Events, Lecturer, SI News, Sarjana, Slider — shimawan @ 12:31 pm

IMG_20160902_135613

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS – Menyambut Tahun Akademik 2016/2017, ada yang baru di Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kali ini. Di Tahun Ajaran baru yang tentu saja berarti ada mahasiswa-mahasiswa baru, ada juga dosen-dosen wali baru yang menjadi energi baru untuk memperkuat pelayanan kegiatan akademik kepada mahasiswa.

Dalam melaksanakan kegiatan akademik di ITS didasarkan pada Peraturan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Nomor 073255/IT2/HK.00.00/2014 tentang Peraturan Akademik Institut Teknologi Sepuluh Nopember 2014 yang memuat beberapa hal diantaranya terkait dengan dosen wali, disebutkan bahwa untuk membantu setiap mahasiswa mengembangkan kemampuannya agar dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik dan tepat waktu, ditetapkan seorang tenaga pengajar tetap sebagai dosen wali.

Setiap dosen wali bertugas memantau perkembangan studi mahasiswa yang dibinanya sejak semester awal hingga mahasiswa dinyatakan lulus, kecuali bila dosen tersebut berhalangan seperti tugas belajar, maka dosen wali akan digantikan.

Setiap awal semester mahasiswa harus menyusun rencana studinya bersama dosen wali, dan rencana studi tersebut dituangkan dalam Form Rencana Studi (FRS) yang dapat dilakukan secara online.

Mahasiswa juga berhak mendapat bimbingan dosen wali dalam hal mendapatkan informasi tentang program pendidikan di ITS, pengarahan dalam menyusun rencana studi untuk semester yang akan berlangsung, dan bantuan dalam memecahkan berbagai masalah, khususnya yang menyangkut akademik.

Untuk itulah, Jurusan Sistem Informasi ITS menetapkan sejumlah 22 dosen pengajarnya dalam daftar dosen wali untuk setiap mahasiswa baru, dengan penambahan 3 dosen wali baru di dalamnya. Siapa saja dosen wali baru tersebut? Yuk berkenalan dengan mereka!

Irmasari Hafidz SKom MSc

Perempuan kelahiran Kediri, 9 Januari 1986 ini adalah alumni dari Jurusan Sistem Informasi ITS. Selepas memperoleh gelar Sarjana Komputer-nya di tahun 2007, kemudian perempuan berbusana modis ini menempuh S2 Business Information Technology di University of Twente Belanda hingga tamat di tahun 2011.

Menjadi pengajar tetap di Jurusan Sistem Informasi ITS semenjak status Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kala itu yang didapatnya di tahun 2014, membuat co-founder TEDxITS ini dipercaya untuk menjadi dosen wali bagi 22 mahasiswa baru Jurusan Sistem Informasi ITS Tahun Akademik 2016/2017.

Eko Wahyu Tyas Darmaningrat SKom MBA

Lahir dan besar di Malang, perempuan ini meraih gelar Sarjana Komputer-nya di Universitas Brawijaya Malang tahun 2008. Sekembalinya dari meneruskan studi S2 Manajemen Industri-nya di National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) yang ditamatkannya di tahun 2012, perempuan kelahiran 29 Juli 1985 ini kemudian mengabdikan diri menjadi pengajar fulltime di Jurusan Sistem Informasi ITS.

Berbekal status PNS tetap sejak tahun 2014 di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia kala itu, perempuan bergolongan darah B ini kemudian dipercaya untuk menjadi sosok dosen wali baru Jurusan Sistem Informasi ITS. Ditambah dengan tutur kata lembut namun tegas dan telah mempunyai satu orang anak, membuatnya menjadi sosok seorang wali yang pas bagi sejumlah 22 mahasiswa baru Angkatan 2016 selama nantinya mereka berkuliah untuk meraih gelar sebagai Sarjana Komputer.

Hatma Suryotrisongko SKom MEng

Pria kelahiran Yogyakarta, 18 Mei 1984 ini sudah aktif di Jurusan Sistem Informasi sejak 2009. Selepas menamatkan studi S1 Ilmu Komputer-nya di Universitas Gajah Mada Yogyakarta di tahun 2007 dan kemudian melanjutkan S2 Knowledge Based Information Engineering di Toyohashi University of Technology Jepang hingga tamat di tahun 2011, membawa pria yang mahir bermain gitar ini akhirnya memutuskan yakin memilih profesi hidup sebagai seorang pengajar, fokus ke dunia akademik dan memilih meninggalkan dunia musik yang awalnya sangat digemarinya.

Adapun status tetapnya sebagai PNS di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kala itu yang akhirnya digenggamnya di tahun 2014 sekaligus sebagai ayah dua orang anak rupanya yang membuat bungsu dari 3 bersaudara ini dipercaya menjadi dosen wali baru, juga untuk 22 mahasiswa baru Jurusan Sistem Informasi ITS.

Selamat bertugas dosen wali baru Jurusan Sistem Informasi ITS Tahun Akademik 2016/2017, selamat membimbing anak walinya untuk berhasil dan berprestasi akademik!

Selamat Datang Mahasiswa Baru Magister Sistem Informasi Jurusan Sistem Informasi ITS

Filed under: Events, Master Degree, Penerimaan, SI News, Slider — shimawan @ 12:28 pm

IMG-20160831-WA0015

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS – Selamat datang mahasiswa baru Program Pascasarjana Program Studi Magister Sistem Informasi di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)!

Sebanyak 24 mahasiswa yang terdiri atas 23 mahasiswa lokal dari seluruh Indonesia dan 1 mahasiswa asing asal Tanzania diterima menjadi mahasiswa baru di Tahun Akademik 2016/2017 pada Program Studi yang sudah tiga tahun berdiri sendiri, lepas dari Program Studi Magister Teknik Informatika ITS tersebut.

Sebelum memulai kegiatan perkuliahan, sebagai mahasiswa baru ITS, mereka diwajibkan untuk mengikuti kegiatan Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS). Untuk kegiatan orientasi mahasiswa baru tersebut, terlebih dahulu mereka mengikuti IPITS tingkat Program Pascasarjana yang diselenggarakan di Gedung Pascasarjana ITS pada hari Selasa (30/8) lalu, bergabung bersama mahasiswa-mahasiswa Magister baru Program Studi lain. Keesokan harinya, Rabu (31/8) mereka mengikuti kegiatan IPITS tingkat Program Studi yang dilaksanakan di Ruang TC-102 Jurusan Sistem Informasi ITS.

Adapun dalam kegiatan IPITS tingkat Program Studi Magister Sistem Informasi diawali dengan pengenalan Program Studi yang disampaikan langsung oleh Ketua Program Studi Magister Sistem Informasi Jurusan Sistem Informasi ITS, Dr Apol Pribadi Subriadi ST MT yang juga sekaligus membuka acara.

Dilanjutkan dengan pengenalan laboratorium-laboratorium atau studio yang akan menjadi fasilitas pembelajaran selama mahasiswa menempuh pendidikan Magister Sistem Informasi yang disampaikan oleh masing-masing perwakilannya. Diawali oleh pengenalan Laboratorium Rekayasa Data dan Intelegensia Bisnis (RDIB) yang diwakili oleh Wiwik Anggraeni SSi MKom, yang kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Laboratorium Akuisisi Data dan Diseminasi Informasi (ADDI) oleh Faizal Johan Atletiko SKom MKom.

IMG-20160831-WA0012

Berlanjut berturut-turut dengan pengenalan Laboratorium Manajemen Sistem Informasi (MSI) oleh Sholiq ST MKom MSA, Laboratorium Sistem Enterprise (SE) oleh Rully Agus Hendrawan SKom MEng, dan tak ketinggalan pengenalan Laboratorium Infrastruktur dan Keamanan Teknologi Informasi (IKTI) oleh Bekti Cahyo Hidayanto SSi MKom yang melengkapi pengenalan lima laboratorium riset yang ada di Jurusan Sistem Informasi ITS. Dalam pemaparan tersebut juga mahasiswa baru diajak berdiskusi tentang topik riset terkait tesis yang akan ditulis disesuaikan dengan bidang keahlian dosen atau laboratorium yang bersangkutan.

IMG-20160831-WA0019

Setelah itu, diteruskan dengan pengenalan fasilitas lain berupa Studio Pemrograman oleh Arif Wibisono SKom MSc, Studio Aplikasi Terapan oleh Nur Aini Rakhmawati SKom MSc Eng hingga pengenalan Sistem Operasi dan Jaringan oleh Radityo Prasetianto Wibowo SKom MKom.

Tak lupa, setelah mengikuti materi pengenalan di kelas, mahasiswa baru peserta IPITS juga diajak berkunjung berkeliling Jurusan Sistem Informasi ITS, mulai dari melihat langsung sarana dan prasarana pendidikan yang ada terkait laboratorium-laboratorium dan studio yang telah dipaparkan dalam materi di kelas, hingga Ruang Diskusi, Ruang Baca dan tak lupa Ruang Tata Usaha Program Pascasarjana Program Studi Magister Sistem Informasi Jurusan Sistem Informasi ITS.

Selamat datang, selamat belajar dan semoga lancar! (shi)

OKKBK : Wadah Bekal Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru

Filed under: Mahasiswa, Penerimaan, SI News — shimawan @ 12:15 pm

SURABAYA, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER – Selamat datang mahasiswa baru Jurusan Sistem Informasi di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)! Sebelum perkuliahan aktif Tahun Akademik 2016/2017 dimulai, terlebih dahulu diadakan kegiatan pengenalan kampus melalui Orientasi Keprofesian dan Kompetensi Berbasis Kurikulum (OKKBK).

Setelah sebelumnya didahului oleh Pra-OKKBK yang telah digelar pada Selasa (23/8), kegiatan yang bisa disebut sebagai masa orientasi bagi mahasiswa baru ITS itu dilaksanakan bertempat di Ruang TC-103 dan TC-104 Jurusan Sistem Informasi ITS selama 3 hari, Selasa hingga Kamis (30/8 hingga 1/9) dengan melibatkan panitia pelaksananya adalah Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) ITS.

Sederet acara telah disusun sedemikian rupa sebagai bekal mahasiswa baru Jurusan Sistem Informasi ITS mengenal lebih dekat kehidupan kampus. Mengacu pada rundown acara yang diajukan oleh pihak panitia, rangkaian kegiatan dimulai di pagi hari dari pukul 07:00 WIB hingga berakhir di sore hari  pukul 17:00 WIB.

Hari pertama, setelah peserta menyelesaikan proses registrasi pagi sementara panitia mengecek kelengkapan atribut peserta beserta kedisiplinan waktu dan kehadiran, kegiatan dibuka dengan doa dan menyanyikan 3 lagu bersama, yaitu Indonesia Raya, Hymne ITS dan Mars Sistem Informasi (SI) sebagai bekal membangun semangat iman dan taqwa serta nasionalisme kebangsaan. Dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, diawali oleh Ketua HMSI ITS, Muhammad Ammar Fauzan yang dilanjutkan oleh sambutan Ketua Jurusan Sistem Informasi ITS yang diwakili oleh Sekretaris Jurusan Sistem Informasi ITS, Edwin Riksakomara SKom MT.

Untuk keperluan pengujian awal pengetahuan tentang Jurusan Sistem Informasi, selanjutnya panitia melakukan pre-test kepada peserta OKKBK untuk mengetahui sejauh mana wawasan 152 orang mahasiswa baru tersebut.

Acara inti dimulai saat para peserta OKKBK mulai menerima pembekalan materi demi materi yang disampaikan. Materi pertama tentang tujuan visi dan misi Jurusan Sistem Informasi ITS berikut pengetahuan kurikulum dan outcome lulusan disampaikan oleh Sekretaris Jurusan Sistem Informasi ITS. Dilanjutkan dengan materi kedua tentang implementasi Satuan Kredit Semester (SKS) berikut aturan perkuliahan yang disampaikan oleh Ketua Program Studi S1 Jurusan Sistem Informasi ITS, Nisfu Asrul Sani SKom MSc setelah sebelumnya diselipkan materi tentang Internasionalisasi dari International Office ITS.

Setelah istirahat siang, peserta OKKBK kembali memasuki kelas dan menerima pembekalan materi tentang Wirausaha Berbasis Teknologi dan Teknik Belajar Efektif yang disampaikan oleh alumni Jurusan Sistem Informasi ITS, Aditya Tanjung SKom. Dilanjutkan oleh materi keempat terkait Lingkup Profesi beserta Hard Skill dan Soft Skill dari Presiden Asosiasi Sistem Informasi Indonesia (AISINDO), Tony Dwi Susanto ST MT PhD ITIL dan diakhiri dengan sesi evaluasi sebagai review keseluruhan materi yang didapat di hari pertama.

Di hari kedua, setelah dibuka dengan doa yang dilanjutkan dengan bernyanyi kembali bersama, sesi pembekalan pertama diawali dengan paparan tentang Pengabdian Masyarakat yang disampaikan oleh Departemen Sosial Kemasyarakatan HMSI. Berlanjut dengan materi tentang Keilmiahan berupa pengenalan karya-karya mahasiswa oleh Departemen Riset dan Teknologi HMSI hingga materi tentang Pengenalan HMSI yang disampaikan langsung oleh sang ketua yang masih tercatat sebagai mahasiswa Jurusan Sistem Informasi ITS Angkatan 2014.

Selepas istirahat siang, peserta OKKBK dibagi menjadi beberapa kelompok kecil, bersama kakak pendamping, mereka diajak berkeliling setiap sudut Jurusan Sistem Informasi ITS. Melihat-lihat fasilitas yang ada, mulai laboratorium hingga ruang baca, ruang dosen dan setiap jengkal ruangan-ruangan lain sebagai bekal yang penting untuk diketahui selama nantinya mereka menjalani pendidikan Sarjana Sistem Informasi. Seperti hari sebelumnya, mengakhiri hari kedua kegiatan, ditutup dengan sesi evaluasi review keseluruhan materi yang didapat. Hanya saja, kemudian ditambah dengan sesi Pendampingan oleh Kakak Pendamping per kelompok untuk mempersiapkan sesi show off di hari berikutnya.

Di sela-sela pemberian materi di kelas, tak lupa secara bergiliran masing-masing kelompok peserta OKKBK dibawa keluar kelas untuk menemui dosen wali dan melakukan proses perwalian di awal kuliah, dengan jadwal menyesuaikan waktu masing-masing dosen wali.

Hari terakhir OKKBK, seperti biasa setelah dibuka dengan doa yang dilanjutkan dengan bernyanyi kembali bersama, dilanjutkan dengan pemaparan tentang Information Systems Expo (ISE) 2016 sebagai agenda besar tahunan HMSI yang disampaikan langsung oleh Ketua ISE 2016, Ahsanul Khuluq Saifullah. Mahasiswa baru peserta OKKBK dibekali tentang salah satu kegiatan rutin mahasiswa tersebut, termasuk tentang persiapan-persiapan kegiatan yang akan diadakan di bulan Oktober 2016.

Setelah melewati kurang lebih 2 hari rangkaian kegiatan yang padat, saatnya para peserta OKKBK untuk refreshing dengan kegiatan yang santai dan menghibur. Untuk memeriahkan acara, masing-masing kelompok mahasiswa baru tersebut diminta untuk memberikan show off berupa penampilan terbaiknya. Meski sifatnya santai dan menghibur, namun mempunyai makna sebagai bekal membangun kerjasama dan kekompakan kelompok.

Sore hari setelah semua kelompok peserta OKKBK menampilkan show off terbaiknya, dilanjutkan dengan sesi post test sebagai review dan evaluasi akhir keseluruhan materi yang didapat hingga ditutup kembali oleh Ketua HMSI yang secara resmi mengakhiri 3 hari masa orientasi mahasiswa baru sebagai bekal memulai langkah menempuh cita-cita masa depan bersama Jurusan Sistem Informasi ITS. (shi)

August 30, 2016

135 Mahasiswa Baru Ramaikan Gugus XXV IPITS Jurusan Sistem Informasi ITS

Filed under: Events, Mahasiswa, SI News, Slider — shimawan @ 3:00 pm

IMG-20160825-WA0017

SURABAYA, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER – Ada gurat cerah semangat yang memancar dalam wajah mahasiswa-mahasiswi baru Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang meramaikan Jurusan Sistem Informasi ITS minggu lalu. Secerah baju atasan warna putih dan bawahan hitam serta dasi yang semuanya tampak baru saat mereka kenakan selama mengikuti rangkaian kegiatan Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS) Tahun Akademik 2016/2017. Ya, mereka adalah 135 orang dari ribuan mahasiswa baru ITS yang tergabung dalam Gugus XXV saat mengikuti kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari, Rabu dan Kamis (24/8 dan 25/8).

Sebagai mahasiswa baru yang akan memasuki lingkungan baru yang jauh berbeda suasananya dari lingkungan sebelumnya, supaya tidak terjadi hal-hal yang kurang diinginkan, para mahasiswa baru tersebut perlu dibekali dengan informasi-informasi yang berkaitan dengan dunia Pendidikan Tinggi pada umumnya dan ITS pada khususnya. Untuk itulah, setiap mahasiswa baru ITS diharuskan mengikuti acara IPITS dimana mereka akan dikenalkan dengan Sistem Pendidikan Tinggi yang ada di ITS, baik dari segi akademik, administrasi, kemahasiswaan serta pengenalan pada unsur-unsur penunjang lainnya.

Karena belajar di Perguruan Tinggi lebih banyak menuntut belajar mandiri, maka segala peraturan terkait dengan akademik dan kemahasiswaan harus dimengerti oleh semua mahasiswa baru. Disamping itu juga diperkenalkan cara belajar efektif di Perguruan Tinggi, etika dan tata kehidupan kampus, termasuk juga organisasi dan kegiatan kemahasiswaan.

IMG-20160825-WA0003

Mengacu pada rundown jadwal, di hari pertama IPITS, setelah melakukan registrasi dan menerima pembagian materi dari panitia yang terdiri dari Tenaga-Tenaga Kependidikan Jurusan Sistem Informasi ITS, satu persatu mereka memasuki Ruang TC-103 dan TC-104. Dimulai tepat pukul 08:00 WIB, kegiatan resmi dibuka oleh materi Pengenalan ITS yang disampaikan oleh Ketua Gugus XXV yang juga sekaligus Sekretaris Jurusan Sistem Informasi ITS, Edwin Riksakomara SKom MT. Dilanjutkan oleh materi tentang Pendidikan dan Administrasi Akademik yang disampaikan oleh Feby Artwodini Muqtadiroh SKom MT selaku Sekretaris Program Studi S1 Sistem Informasi ITS, dan ditutup dengan materi tentang Fasilitas Penunjang Pendidikan dan Kemahasiswaan yang disampaikan oleh Wiwik Anggraeni SSi MKom, yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Sistem Informasi ITS.

IMG-20160825-WA0016

Sementara hari kedua, di sesi pertama kegiatan, mahasiswa baru dikenalkan dengan materi tentang Kemahasiswaan, Tata Kehidupan Kampus dan Pengenalan Kewirausahaan yang disampaikan oleh Nisfu Asrul Sani SKom Msc selaku Ketua Program Studi S1 Jurusan Sistem Informasi ITS. Dilanjutkan dengan materi pengenalan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerjasama dan Hubungan Internasional, berlanjut dengan Pengenalan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Lembaga Minat Bakat (LMB), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dalam hal ini diwakili oleh UKM Paduan Suara Mahasiswa ITS. Hingga ditutup dengan pengenalan Lembaga Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (LPTSI) serta Perpustakaan. Keseluruhan rangkaian kegiatan selanjutnya resmi ditutup oleh Ketua Gugus XXV pada pukul 16:00 WIB.

IMG-20160825-WA0015

Akhir kata, selamat bergabung dan selamat datang mahasiswa baru ITS di kampus perjuangan! Selamat belajar dan berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai! (shi)

Isi Kemerdekaan Dengan Kerja Nyata Tim Inventarisasi BMN Jurusan Sistem Informasi ITS

Filed under: Events, SI News, Slider — shimawan @ 2:54 pm

IMG-20160824-WA0000

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS – Terkait program pemerintah “Indonesia Kerja Nyata” dalam rangka Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, mulai awal pekan ketiga Agustus 2016 ini, Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melakukan pekerjaan berat menyukseskan program besar ITS terkait Inventarisasi Barang Milik Negara (BMN) Tahun 2016.

Kegiatan inventarisasi BMN di lingkungan ITS adalah kegiatan melakukan pendataan, pencatatan, dan pelaporan BMN ITS. Sesuai pasal 16 Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 120/ PMK.06/2007 tentang Penatausahaan BMN, ITS selaku Unit Penatausahaan Kuasa Pengguna Barang (UPKPB) bertanggung jawab untuk melakukan inventarisasi BMN yang berada dalam penguasaannya sekurang-kurangnya sekali dalam 5 tahun. Selain itu, inventarisasi BMN di ITS juga dilaksanakan dalam rangka pemisahan aset BMN sebagai modal awal ITS sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Untuk itulah, berdasar Surat Keputusan Rektor ITS Nomor 04516/IT2/HK.00.01/2016 dibentuk tim pelaksana inventarisasi beranggotakan seluruh petugas inventaris unit di lingkungan ITS. Selanjutnya di setiap unit dibentuk tim, dan Jurusan Sistem Informasi ITS sendiri bergerak cepat dengan membentuk kepanitiaan beranggotakan 9 orang untuk kemudian diusulkan melalui Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) ITS. Panitia inventarisasi ini selanjutnya diketuai oleh Sekretaris Jurusan Sistem Informasi ITS dan beranggotakan pihak-pihak terkait seperti laboran, teknisi hingga petugas ruang baca yang akan bertugas mengawal proses inventarisasi semua barang yang dibeli atau diperoleh atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), atau berasal dari perolehan lainnya yang sah.

Tujuan inventarisasi ini adalah agar seluruh BMN di lingkungan ITS terdata dengan baik dalam upaya mewujudkan tertib administrasi, dimaksudkan untuk mengetahui keberadaan, jumlah, nilai, dan kondisi BMN ITS. Lebih lanjut, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperoleh data yang akurat tentang BMN ITS yang akan dijadikan sebagai modal awal ITS sebagai PTNBH.

“Ada 3510 item barang di Jurusan Sistem informasi ITS yang tercatat dalam database SIMAK BMN, yang diperoleh sampai dengan bulan Juni 2016 (Semester-1),” ungkap Jarwo SE, petugas inventaris Jurusan Sistem Informasi ITS sepulang mengikuti Sosialisasi dan Workshop Inventarisasi BMN ITS Tahun 2016 bertempat di Ruang Sidang Lantai 1 Rektorat ITS, sehari sebelum hari Kemerdekaan RI ke-71.

“Di Jurusan, tim akan melakukan inventarisasi seluruh BMN berupa tanah, bangunan, gedung, kendaraan dinas, mesin dan peralatan, kecuali barang persediaan dan konstruksi dalam pengerjaan (KDP). Tim juga menginventarisasi BMN ITS yang berada dalam Daftar Barang Ruangan (DBR) untuk kemudian diklasifikasikan dalam daftar laporan kondisi barang, apakah termasuk dalam daftar barang baik dan rusak ringan, barang rusak berat, barang tidak ditemukan, atau barang berlebih untuk selanjutnya ditindaklanjuti dengan pelabelan dan pemutakhiran data pada SIMAK BMN,” tambahnya.

Mengacu pada banyaknya item barang dan lamanya rentang waktu pembelian BMN yang akan diinventaris memang memunculkan masalah tersendiri. Beberapa resiko yang menjadi masalah seperti luput terlacak karena sudah tidak diketahui rimbanya barang tersebut saat ini ataupun hilang hingga rusak sangat mungkin terjadi. “Untuk barang yang tidak ditemukan atau hilang, pemegang terakhir barang sesuai database diharuskan melapor pada pihak kepolisian, atau mengganti dengan item barang yang sama,” tegasnya.

Hasil dari keseluruhan proses inventarisasi tersebut selanjutnya akan dijadikan acuan proses pemisahan aset ITS sebagai PTNBH, dengan melibatkan pihak-pihak terkait di luar ITS seperti Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) RI, hingga Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan RI.

Semoga setelah ini seluruh BMN yang nantinya akan menjadi aset ITS sebagai PTNBH dalam pengelolaan atau penatausahaannya dapat dilakukan dengan tertib, prosedural, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan. Selamat bekerja, tim! (shi)

August 19, 2016

Torehan Prestasi Dari MOT AUN/SEED-net 2016

Filed under: Events, SI News, Slider — shimawan @ 11:11 am

P1100649

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS – Prestasi internasional kembali diraih oleh Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kali ini dengan terpilihnya salah satu tenaga pengajarnya sebagai partisipan dalam program AUN/SEED-net bertajuk The Intensive Management of Technology (MOT) training for Japanese Fiscal Year (JFY) 2016.

Adalah Feby Artwodini Muqtadiroh ST MT selaku Sekretaris Prodi S1 Sistem Informasi ITS yang berhasil terpilih untuk mengikuti training hasil kolaborasi bersama Universiti Teknologi Malaysia (UTM) yang digelar pada tanggal 1 – 12 Agustus 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia tersebut.

Dijumpai sekembalinya beliau setelah selama 2 pekan berada di negeri jiran, dosen asal Jember ini menceritakan pengalaman menariknya selama bergabung dalam forum para peneliti muda se-Asia Tenggara yang digelar di kampus Malaysia-Japan International Institute of Technology (MJIIT) UTM tersebut.

P1100648

“Total sejumlah 19 orang dari institusi pendidikan di bawah JICA Project for AUN/SEED-Net Member Institutions (MI), dengan usia di bawah 35 tahun berkualifikasi pendidikan bervariasi S2 hingga S3 dari beberapa negara anggota ASEAN seperti Indonesia, Kamboja, Myanmar, Thailand, Filipina dan Vietnam yang terpilih kali ini untuk menghadiri MOT ini,” ujarnya.

“Pengumpulan berkas-berkas seperti formulir aplikasi dan dokumen pendukung lain, termasuk esai menjadi seleksi dokumen yang disyaratkan. Dari Indonesia sendiri kemudian terpilih 2 orang, dan dua-duanya dari ITS,” tambahnya.

Dikemas dalam bentuk kuliah interaktif dengan group work dan panel diskusi, para peserta MOT belajar tentang paten terkait HAKI (hak atas kekayaan intelektual), inovasi, marketing yang digabung dengan kunjungan ke perusahaan dan forum industri. “Bagaimana ide kreatif yang menghasilkan inovasi untuk kemudian menjadi sebuah produk hasil kerjasama dengan industri,” terang ibu satu anak ini.

P1100943

Sebagaimana dijelaskan dalam laman resminya http://www.seed-net.org/, tujuan MOT ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas untuk menciptakan kolaborasi bersama sektor-sektor industri melalui riset, sekaligus membangun pemahaman akan pentingnya pelatihan ini untuk meningkatkan kurikulum akademik di setiap institusi peserta pelatihan. Lebih lanjut, juga sebagai bentuk peningkatan kerjasama akademik yang kuat di dalam dan di luar ASEAN.

Atas partisipasinya di ajang internasional tersebut, tidak hanya ilmu dan wawasan yang didapatnya, di akhir acara yang ditutup dengan presentasi akhir, dosen berlesung pipit ini ternyata juga sukses menorehkan prestasi sebagai 2nd Best Participant. Selamat! (shi)

Cerita Oleh-Oleh Dari RITECH EXPO 2016 Solo

Filed under: Events, SI News, Slider — shimawan @ 10:53 am

IMG-20160812-WA0005

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemristekdikti) telah menyelenggarakan acara Pameran Produk Inovasi Anak Bangsa bertajuk RITECH (Research, Innovation, Technology) EXPO 2016. Usai acara yang dihelat di GOR Manahan Solo pada tanggal 10 – 13 Agustus 2016 sekaligus bersamaan dengan puncak peringatan 21 Tahun Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang mengusung  tema “Inovasi untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa” tersebut, ada oleh-oleh cerita yang dibawa pulang oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Dalam partisipasinya kali ini, ITS memamerkan beberapa karya inovasi unggulannya, tentunya dari beberapa jurusan yang ada di kampus yang terkenal dengan sebutan kampus perjuangan tersebut. Salahsatunya adalah produk dari Jurusan Sistem Informasi ITS berupa sistem deteksi kantuk berbasis EEG (electroencephalogram).

IMG-20160812-WA0015

Produk riset unggulan Laboratorium Infrastruktur Keamanan Teknologi Informasi (IKTI) ini menampilkan simulator reaction test saat seseorang mengemudi untuk kemudian mencegah kecelakaan lalu lintas yang disebabkan pengemudi dalam kondisi mengantuk. Mekanisme kerjanya adalah memberikan alert/warning system berupa bunyi saat gelombang otak pengemudi dideteksi mengantuk menggunakan alat semacam helm yang bernama neurosky. “Saat gelombang otak pengemudi terdeteksi mengantuk, alat yang rencananya akan dapat tersambung ke handphone ini akan berbunyi,” ujar Hatma Suryotrisongko SKom MEng, dosen Jurusan Sistem Informasi ITS yang menyempatkan diri ikut menjaga booth pameran.

Awal penelitian tentang alat ini dimulai dari hibah tahun 2013 yang diterima oleh dosen Dr Eng Febriliyan Samopa SKom MKom dan Hatma Suryotrisongko SKom MEng yang kemudian dikerjakan bersama mahasiswa-mahasiswa peneliti tugas akhir dari laboratorium yang merupakan pengembangan dari yang dulunya bernama Laboratorium e-Bisnis. Alat neurosky yang dipasang menempel di kepala akan menangkap sinyal gelombang otak yang kemudian di dalam komputer dengan menggunakan algoritma SVM akan diklasifikasi taraf mengantuk seorang pengemudi dan menghasilkan sensor sinyal bunyi.

Sayangnya, konsep deteksi dini ini masih berupa prototype, selama belum ada teknologi sensor yang contactless. “Berat kalau harus mengemudi terus dengan memakai alat seperti helm itu kan?” tambah dosen asal kota gudeg Yogyakarta itu.

Cerita tentang bagaimana respon audiens yang datang berkunjung ke booth ITS di dekat pintu masuk indoor area GOR Manahan Solo ini menjadi oleh-oleh tersendiri bagi Bambang Widjanarko ST, laboran Jurusan Sistem Informasi ITS yang juga ikut menjaga booth pameran. “Banyak yang tertarik. Apalagi anak-anak sekolah, murid SD hingga SMU yang banyak mengira karya ini seperti simulator gim balap. Bahkan sempat terjadi antrean karena cukup banyaknya pengunjung yang tertarik ingin mencoba gratis alat ini, sehingga kemudian untuk trial test pun dibatasi,” ujarnya.

IMG-20160815-WA0003

Masih tentang oleh-oleh menarik dari cerita respon audiens pameran di kota batik tersebut adalah saat masyarakat semakin terbuka wawasannya dan paham bahwa ITS bukanlah Institut Teknologi Surabaya, melainkan Institut Teknologi Sepuluh Nopember,” pungkasnya seraya terkekeh sambil menyodorkan beberapa jajanan sebagai oleh-oleh sesungguhnya sepulang tugas dari Solo. (shi)

August 10, 2016

Visitasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning Pekanbaru Riau

Filed under: Events, SI News, Slider — shimawan @ 10:22 am

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS - Pada hari Senin dan Selasa (8/8 dan 9/8) lalu, Jurusan Sistem Informasi ITS kedatangan tamu dari Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru Riau. Kunjungan tenaga pendidik yang terdiri dari tujuh orang jajaran pimpinan Fasilkom Unilak Pekanbaru Riau yang terdiri dari Dekan, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2 beserta Kaprodi SI, Kaprodi TI, Sekprodi TI dan Tim Penyusun Kurikulum. Rombongan melakukan studi banding jauh-jauh ke Jurusan Sistem Informasi ITS untuk mempelajari penyusunan kurikulum dan tata kelola Program Studi.

CpTmJi_UIAAc_S1

Bertempat di Ruang Sidang Lantai 2 Jurusan Sistem Informasi ITS, rombongan diterima langsung oleh Ketua Jurusan Sistem Informasi beserta Sekretaris Jurusan, Kaprodi S1 beserta Presiden Association for Information Systems – Indonesia chapter (AISINDO) setelah sebelumnya diterima oleh Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) ITS saat melakukan kunjungan pembuka ke FTIf ITS di lantai 3 gedung Rektorat ITS.

Hari pertama rombongan bermaksud mempelajari penyusunan profil lulusan, cara menyusun capaian mata kuliah, cara menyusun capaian pembelajaran, cara menyusun rancangan pembelajaran serta mempelajari kurikulum Prodi Sistem Informasi ITS yang dapat diadopsi dan digunakan di Prodi Sistem Informasi Fasilkom Unilak. Dimulai pada pukul 09:00 WIB, diskusi dan interaksi berlangsung hangat hingga saat istirahat siang, dan rombongan sudah harus melanjutkan kunjungan ke Jurusan Teknik Informatika ITS. Sebelum berpamitan, tak lupa rombongan menyempatkan berfoto bersama dan melihat-lihat fasilitas di Jurusan Sistem Informasi ITS seperti AISINDO office dan laboratorium-laboratorium akademik maupun riset penunjang.

CpUM1egUsAAnCzQ

CpUTf0dUEAAwzxl

Hari kedua, di ruang dan jam yang sama, rombongan yang semula sesuai rencana berpisah berbagi tugas untuk sekaligus mengunjungi FTIf ITS dan Jurusan Teknik Informatika ITS akan tetapi mendadak membatalkan kunjungan ke kedua tempat tersebut dan memutuskan untuk hanya berkunjung ke Jurusan Sistem Informasi ITS. Faktor ‘merasa mendapat ilmu lebih banyak’ menjadi alasan utama mengapa rombongan Fasilkom Unilak Pekanbaru Riau untuk kembali mengunjungi Jurusan Sistem Informasi ITS dengan formasi full team seperti diutarakan oleh Tim Penyusun Kurikulum, Syahtriatna D.

Diskusi dan interaksi di hari kedua sesuai agenda mempelajari tata kelola Program Studi Sistem Informasi, namun karena masih banyak pertanyaan terkait agenda pertemuan di hari pertama yang dirasa kurang oleh rombongan, maka pertanyaan-pertanyaan terkait penyusunan kurikulum pun kembali mencuat. Pada kesempatan ini, Kaprodi S2 Sistem Informasi ITS juga berkesempatan bergabung dan berinteraksi bersama.

Hal-hal teknis terkait penyusunan tugas akhir, kerja praktek maupun inisiasi kerjasama dibahas rinci saat rombongan Fasilkom Unilak Pekanbaru Riau dengan sangat antusias bertanya kepada pihak Jurusan Sistem Informasi ITS. Tak lupa, contoh bukti fisik seperti buku Kerja Praktek, buku Tugas Akhir, jurnal akademik maupun prosiding seminar nasional serta internasional juga diperlihatkan.

CpYrjVBUkAAsiLE

Berlangsung hangat hingga tak terasa tiba di penghujung acara, saat istirahat rombongan Fasilkom Unilak Pekanbaru Riau dijamu dengan makan siang masakan khas Surabaya yaitu lontong balap. Dengan mendatangkan sang penjual langsung beserta rombong-nya persembahan kolaborasi laboratorium riset Infrastruktur Kemanan Teknologi Informasi (IKTI) dan Manajemen Sistem Informasi (MSI) Jurusan Sistem Informasi ITS, makanan khas yang berupa racikan irisan lontong, irisan lento (perkedel kacang hijau) dengan siraman kuah kecambah bertabur bawang goreng dan kecap serta tak lupa sambal petis yang legit menggigit sungguh menambah selera. Tak lupa, sate kerang sebagai pelengkap citarasa untuk mengenalkan kudapan khas kebanggaan Jawa Timur kepada rombongan rantau dari Pulau Sumatera tersebut.

CpZQyhUVIAAN_Jh

Selesai beramah tamah, rombongan Fasilkom Unilak Pekanbaru juga berkesempatan untuk melihat-lihat kembali fasilitas pendukung pendidikan dan pengajaran di Jurusan Sistem Informasi ITS, seperti Ruang Tata Usaha, ruang kelas, selasar dosen, ruang server dan ruang baca. Diakhiri dengan memborong official merchandise AISINDO di AISINDO office.

CpZQDRjVUAARwjD

CpdXqjcUkAAlbgO

Keseluruhan rangkaian acara dua hari kunjungan Fasilkom Unilak Pekanbaru Riau pun ditutup dengan penyerahan cenderamata yang diserahkan oleh Dekan Fasilkom Unilak Bapak Fajrizal, S.P., M.Kom dan diterima langsung oleh Ketua Jurusan Sistem Informasi ITS, Dr. Ir. Aris Tjahyanto, M.Kom sebelum berpamitan dan menemui kembali Dekan Fakultas Teknologi Informasi ITS. Teriring ucapan terima kasih atas kedatangannya dan sampai jumpa di lain kesempatan. (shi)


Older Posts »

Powered by WordPress