Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2017 di Lokasi Saintek 24 Departemen Sistem Informasi FTIF ITS

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 dilaksanakan secara serantak pada hari Selasa 16 Mei 2017. Ujian tertulis SBMPTN yang terdiri dari PBT (Paper-Based Test) dan CBT (Computer-Based Test) dirancang untuk mengukur kemampuan dasar calon mahasiswa meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (Saintek) serta bidang sosial dan humaniora (Soshum).

Dihari yang sama 1.059 Calon mahasiswa baru (Camaba) Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) yang lolos Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) melakukan daftar ulang yang dipusatkan di Graha ITS. Dari jumlah itu, 209 diantaranya merupakan camaba dari Bidik Misi. Departemen Sistem Informasi menerima 46 mahasiswa baru dari jalur ini, 9 orang diantaranya camaba dari Bidik Misi. Pendaftaran ulang untuk camaba SNMPTN yang dilakukan pada 16 Mei ini merupakan proses verifikasi biodata, baik untuk camaba non Bidik Misi maupun Bidik Misi. Hasil verifikasi biodata ini nantinya akan menentukan camaba tersebut bisa lanjut daftar ulang atau tidak sebagai maba di ITS. bisa dilihat melalui http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Pelaksanaan SBMPTN yang berlokasi di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) total diikuti 6.820 peserta Saintek. Sebanyak  620 peserta mengikuti tes Computer Based Test (CBT) di ITS, dan 6.200 mengikuti Paper Based Test (PBT) di ITS dan PPNS.

Sementara di Departemen Sistem Informasi yang menjadi lokasi ujian Saintek 24 Panlok Surabaya menampung jumlah peserta SBMPTN sebanyak 290 peserta dengan rincian 240 mengikuti ujian PBT, dan 50 peserta untuk ujian CBT. Penempatan Ujian di Departemen Sistem Informasi sendiri dilaksanakan di lantai 1 dengan menempati 9 ruang kelas dan 1 Laboratorium Studio Aplikasi Terapan. Ujian SBMPTN di Departemen termuda di FTIF ini selain dijaga oleh pengawas yang berasal dari Departemen Sistem Informasi juga melibatkan beberapa pengawas dari institusi pendidikan lain yang semuanya mejadi Panitia Lokal Surabaya.

Seperti yang tertera pada jadwal ujian bahwa peserta tidak boleh terlambat dan dijadwalkan pukul 07.00 sudah memasuki ruang ujian, maka sejak pukul 06.00 Plaza Departemen Sistem Informasi sudah diramaikan oleh peserta yang diantaranya ada juga yang diantar orang tuanya. Setidaknya kehadiran orang tua bagi camaba dapat memberikan motivasi bagi peserta ujian.

Pelaksanaan Ujian yang hanya berlangsung 1 hari di Departemen Sistem Informasi baik yang PBT maupun CBT terdiri dari 2 materi meliputi Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) dan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TPA). Pelaksanaan ujian berlangsung lancar tanpa kendala berarti semacam listrik padam atau gangguan jaringan. Meskipun demikian Panitia telah menyiapkan genset guna mengantisipasi jika terjadi listrik padam.

Ujian SBMPTN berakhir tepat pukul 11.45 untuk Saintek. Sesuai jadwal seleksi untuk  Pengumuman Hasil ujian SBMPTN akan diumumkan pada hari Selasa tanggal 13 Juni 2017 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Bagi semua peserta ujian SBMPTN 2017 dimohon untuk tetap menyimpan kartu peserta ujian nya karena sebagai bukti yang harus dilampirkan sebagai syarat jika nanti diterima atau lolos seleksi SBMPT. Semoga usaha yang telah dilakukan oleh semua peserta dapat meraih keberhasilan sesuai harapan dan impian peserta dan orang tua tentunya. Semoga… (rin/ark)


Pengumuman SNMPTN 2017

Hari yang dinanti peserta SNMPTN tiba. Setelah melalui beberapa tahapan dalam proses penerimaan calon mahasiswa baru jalur undangan di PTN seluruh Indonesia , akhirnya Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengumumkan hasil seleksi pada Rabu (26/4/2017). Pengumuman bisa diunggah di situs resmi SNMPTN dengan alamat www.snmptn.ac.id.

Jalur SNMPTN diseleksi berdasar hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa. Hasil prestasi siswa di sekolah mulai semester pertama sampai dengan semester ke lima (5) menjadi bahan pertimbangan kelulusan di SNMPTN.

Dari 1026 nama yang berhasil menembus SNMPTN dengan pilihan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Departemen Sistem Informasi menerima 46 mahasiswa baru dari jalur ini. Jumlah tersebut berdasar kuota 30 persen dari jumlah keseluruhan mahasiswa baru Departemen Sistem Informasi ITS tahun 2017

Bagi siswa yang lolos SNMPTN, perlu untuk disimak, proses verifikasi dokumen peserta atau pendaftaran ulang di ITS (PTN masing-masing) dilakukan pada tanggal 16 Mei 2017 bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2017. Khusus siswa yang berasal dari kalangan tidak mampu tidak perlu khawatir karena pemerintah melalui Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah menyiapkan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

Untuk yang belum lolos SNMPTN tidak perlu cemas. Masih ada dua jalur penerimaan PTN lainnya yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan diadakan pada tanggal 16 Mei, dan seleksi mandiri dari ITS juga PTN terkait.

Selamat buat calon mahasiswa baru yang telah diterima di Kampus Perjuangan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya melalui jalur SNMPTN. Selamat datang di Departemen Sistem Informasi sebagai salah satu Departemen dari Kampus Perjuangan ITS.. Vivat ITS. (rin/ark)

Belajar Lebih Menyenangkan dengan Aplikasi YukBlajar

SURABAYA, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER - Perkembangan teknologi kerap memudahkan anak-anak untuk mengeksplorasi pengetahuannya. Namun sayangnya, masih banyak content yang tidak sesuai dengan kebutuhan belajar sang anak. Oleh karena itu, aplikasi yukBlajar besutan Ir Achmad Holil Noor Ali MKom, hadir sebagai media belajar yang sehat.

Lelaki yang akrab disapa Holil ini menjelaskan, ide pembuatan aplikasi  berawal dari anaknya yang mengalami kesulitan dalam belajar. "Anak-anak sekarang lebih sering menggunakan gadget daripada membaca buku,"  ujar Dosen Departemen Sistem Informasi ini kala diwawancarai ITS Online, Senin (13/2).

Untuk fitur aplikasi ini, Holil menyediakan tujuh fitur yang terdiri dari alur belajar, naskah, video, kuis, game, worksheet dan diskusi. Alur belajar sendiri merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang setiap guru wajib membuatnya di awal pembelajaran di kelasnya. Dengan adanya alur belajar, Holil berharap dapat menjadi pedoman guru dalam menyampaikan materi secara runtut.

Selanjutnya, pembelajaran dapat dilakukan menggunakan fitur naskah maupun video. "Uniknya, dalam pembelajaran media video, aplikasi YukBlajar sudah dilengkapi dengan sistem pengaman, sehingga guru tidak perlu khawatir siswanya menonton konten yang tidak layak," tuturnya. Tak hanya itu, video juga dilengkapi dengan snaps pilihan yang memudahkan pengguna untuk memilih bagian penting dari video yang ditonton.

Di akhir pembelajaran, guru juga bisa menggunakan fitur kuis, game, dan worksheet. Tujuannya yakni agar guru dapat menilai capaian belajar siswanya. Tak tanggung-tanggung, YukBlajar juga menyediakan forum diskusi yang memudahkan komunikasi antar pembelajar serta fasilitator dalam membahas materi.

Ketujuh fitur tersebut tersedia dalam setiap level. "Ada tiga level yang disebut dengan langit. Langit ini menunjukkan tingkatan pelatihan yang dilakukan oleh guru dalam pembuatan sumber belajar di aplikasi YukBlajar," ungkapnya.

Pembelajaran tersebut dimaksudkan agar guru dapat menambahkan referensinya sendiri dalam aplikasi. Mekanismenya cukup mudah, guru hanya perlu meng-copy link untuk disalin pada aplikasi yang digunakan sebagai bahan belajar. "Dengan begitu, pengguna tidak perlu mengunduhnya," tuturnya.

Sampai saat ini, Holil dan Tim YukBlajar telah melakukan beberapa kali pelatihan penggunaan YukBlajar kepada guru sekolahan. Terakhir, mereka menggelar pelatihan di SMP Islam Al Azhar 13 di Laguna Pakuwon Surabaya. "Ada beberapa tim guru yang hadir dari semarang, solo dan beberapa dari sidoarjo, mereka kami ajari cara membuat materi belajar di kelasnya untuk bisa diakses lewat www.yukblajar.com itu," jelasnya.

Hingga saat ini, aplikasi yukBlajar telah digunakan oleh 12 sekolah secara gratis. Dan telah diunduh oleh 300 pengguna lewat Google Play Android. "Saya merasa senang karena tujuan awal saya membuat aplikasi YukBlajar memang ingin berbagi dalam bidang pendidikan," tutupnya. (cha/akh)

 

Sumber : www.its.ac.id


Selamat Atas Diraihnya Akreditasi “B” Program Magister Departemen Sistem Informasi FTIf ITS

 

Setelah melalui perjuangan yang tidak singkat, berbulan bulan mempersiapkan dokumen dan borang, alhamdulilah kerja keras seluruh tim borang tidak sia-sia. Program Magister Departemen Sistem Informasi FTIf ITS, berhasil meraih peringkat akreditasi “B”. Seperti yang  tertuang dalam Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) nomor 0323/SK/BAN-PT/Akred/M/I/2017. Sertifikat akreditasi ini berlaku hingga 10 Januari tahun 2022.

Akreditasi merupakan salah satu persyaratan satuan pendidikan untuk dapat mengeluarkan sertifikat atau ijazah. Akreditasi juga merupakan bentuk akuntabilitas kepada publik karena dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif dengan menggunakan instrumen dan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Atas dasar itulah pemerintah melakukan akreditasi pada setiap jenjang dan satuan pendidikan untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan, salah satunya Program Magister Sistem Informasi FTIf ITS.

Perolehan akreditasi B membuktikan bahwa tim borang Program Magister Departemen Sistem Informasi FTIf ITS telah bekerja dengan baik. Namun demikian tim masih tetap perlu memperbaiki beberapa hal agar kedepan hasilnnya lebih sempurna. Salah satunya  dengan melengkapi arsip dan dokumen agar pembuktian kinerja jurusan lebih mudah.

Jaya selalu Departemen Sistem Informasi FTIf ITS.  (rin/awr)


Pisah Kenal Tendik Departemen Sistem Informasi

Mulai 1 Januari 2017, ITS resmi menjadi PTNBH. Untuk mendukung tercapainya cita-cita PTNBH, ITS melakukan beberapa kebijakan, salah satunya adalah pemetaan Tendik (Tenaga Kependidikan).  Departemen Sistem Informasi sebagai salah satu Departemen di ITS  tak lepas memperoleh efek dari kebijakan tersebut. Setelah melalui beberapa tahapan akhirnya Departemen Sistem Informasi melepas dua (2) Tendiknya untuk dikembalikan ke ITS.

Berdasarkan SK Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Nomer : 0153/IT2/HK.00.01/2017 Tentang Penempatan dan Penetapan Nama Jabatan Tenaga Kependidikan di Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, maka 2 (dua) Tenaga Kependidikan Departemen Sistem Informasi berpindah tempat tugas namun masih dilingkungan ITS. Namun, Departemen Sistem Informasi juga mendapat 2 tambahan energi baru yang berasal dari unit lain di ITS.

Kedua Tendik Departemen Sistem Informasi yang harus dilepas adalah Ninda Hayyu DP dan Sugeng Hariadi Imawan. Ninda yang selama ini bertanggung jawab di kepegawaian DSI ditempatkan di Direktorat SDMO. Sementara Adi, panggilan akrab dari Sugeng Hariadi mendapat amanah bertugas di Direktorat Hubungan International. Sementara Samuji dari Teknik Sipil  dan Nurhasan dari FTI dipindahtugaskan ke Departemen Sistem Informasi.

Bertempat di aula DSI pada ada tanggal 23 Januari 2017, Departemen Sistem Informasi mengadakan acara PINAL (Pisah Kenal) bersamaan dengan acara tasyakuran  Program Magister Departemen Sistem Informasi yang telah meraih akreditasi dengan nilai “B”.   

Akhirnya, kami di DSI melepas kedua Tendik dengan ucapan selamat bertugas di tempat yang baru untuk Ninda dan Adi. Semoga dapat mengukir prestasi kerja yang lebih baik. Selamat Datang energi baru di Departemen Sistem Informasi, bapak Samuji dan bapak Nurhasan. Selamat bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Departemen Sistem Informasi. Bersama kita memajukan ITS melalui Departemen Sistem Informasi!!. (rin/awr)