Stanley Wijaya Juarai Lomba Kajian Hukum

Mahasiswa Departemen Sistem Informasi angkatan 2014 berhasil meraih penghargaan sebagai Juara 1 Kompetisi Penulisan Kajian Hukum Nama Domain dari PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) yang diselenggarakan di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

Tema Kajian Hukum yang dimenangkan adalah Internasionalisasi Domain.ID

Pesertanya dari seluruh Indonesia dan dari latar belakang hukum, ada yang dari UGM, Universitas Jember, dan lain lain. Stanley adalah satu satunya peserta yang berangkat dari latar belakang sistem informasi. Ini sangat mendapat apresiasi dan membuat panitia sangat terkejut. Kajian Hukum yang dibuat, dinilai langsung oleh PANDI beserta PANELIS nya. Disana para pemenang diajak untuk sharing didepan pakar dan panelis dalam hebat bidangnya, juga di depan peserta yang sebagian besar praktisi dan sudah lanjut studi S2 maupun S3.

Diambil dari sumber asli : https://www.its.ac.id/news/2018/05/15/mahasiswa-juarai-lomba-kajian-hukum/


Jalur SNMPTN 2018 Loloskan 46 Calon Mahasiswa Baru Departemen Sistem Informasi

Selasa 17 April 2017, hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN resmi di umumkan. Sebanyak 585.155 siswa pendaftar harus bersaing ketat untuk memperebutkan 28.069 kursi di Perguruan Tinggi Negeri Pilihan. Dari 28.069 siswa yang diterima, yang dinyatakan lolos sebagai calon mahasiswa baru Departemen Sistem Informasi FTIK ITS sebanyak 46 peserta.

Menetapkan pilihan meraih masa depan melalui gerbang ilmu di Departemen Sistem Informasi adalah pilihan yang tepat. Terlebih saat ini kita segera memasuki era Revolusi Industri 4.0 dengan generasi milenianya, dimana digital memegang peran penting. Dengan mempelajari bidang ilmu Sistem Informasi yang lebih menitikberatkan pada sisi manajemen nya maka kita bisa lebih menguasai kondisi yang ada. Selain itu penyerapan dunia kerja bagi lulusan Sistem Informasi terbuka lebar di semua sektor baik pemerintahan, swasta, maupun usaha mandiri. Kesempatan yang ada hendaknya tidak diabaikan.

Sementara untuk yang belum diterima melalui jalur  SNMPTN masih bisa mengikuti jalur SBMPTN dan Mandiri. Untuk jalur SNMPTN hal lain yang perlu di
perhatikan adalah mengikuti prosedur selanjutnya dengan benar, sehingga bisa dinyatakan sebagai mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Informasi mengenai pengumuman bisa di lihat disini. (nan/nda)


Senyum Bahagia Walikota Surabaya di Wisuda ke 117 ITS, Terima Kasih Departemen Sistem Informasi

Foto dari Kiri Tony DwiSusanto, Tri Rismaharini

Pada hari ini minggu 11 maret 2018, Bu Risma panggilan akrab dari walikota Surabaya menghadiri wisuda putrinya Tantri Gunarni di Graha Sepuluh Nopember Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Tantri merupakan putri bungsu dari dua bersaudara. Sebelumnya putra pertama Bu Risma, Fuad Bernardi juga lulusan dari Departemen Teknik Informatika di  Fakultas yang sama dengan Tantri yang lulus sekarang dari fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Menurut Tri Rismaharini yang akrab di panggil Bu Risma ketika menyampaikan pesan kesan sebagai wali wisudawan “Departemen Sistem Informasi adalah jurusan yang sangat tepat di era saat ini, kenapa? Karena di era saat ini orang tidak hanya sibuk dalam mengerjakan tugas tugasnya tetapi kondisi lalu lintas yang macet membuat waktu semakin terbatas, oleh karena itu kita memerlukan aplikasi atau sistem yang bisa membantu dalam berbagai lini kehidupan misalnya dengan adanya gojek, tokopedia, bukalapak, blibli dll. Bahkan setiap kali akan membuat sesuatu  atau akan melakukan implementasi sistem selalu ada konsultan yang akan menerjemahkan dalam Bahasa coding“.

Dari penjelasan beliu (Bu Risma), menunjukkan bahwa didalam membuat sesuatu khususnya yang berkaitan dengan aplikasi software beliau selalu melibatkan konsultan yang akan menerjemahkan dalam bentuk coding dimana kemampuan ini adalah hal yang di ajarkan di Departemen Sistem Informasi.

Selanjutnya Walikota Surabaya ini juga menegaskan “Memang di era digital saat ini mahasiswa lulusan sistem Informasi sangat dibutuhkan, jadi sangat disayangkan jika mereka tidak mempunyai kesempatan apapun karena saat ini adalah era dari Departemen Sistem Informasi. Saya ketika melakukan apapun pendekatan yang saya lakukan di pemerintah kota  selalu melihat bisnis prosses yang terdiri dari input output dan prosses kemudian ada keterpaduan / kesinergian dari sistem itu dimana hal ini yang di pelajari oleh mahasiswa Sistem Informasi”. Tandas walikota perempuan pertama di Surabaya ini.  

Foto dari kiri, Ir. Djoko Saptoadji, Tantri Gunarni S.Kom, Dr.(H.C.) Ir. Tri Rismaharini MT.


Pelaksanaan Ujian SBMPTN 2017 di Lokasi Saintek 24 Departemen Sistem Informasi FTIF ITS

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 dilaksanakan secara serantak pada hari Selasa 16 Mei 2017. Ujian tertulis SBMPTN yang terdiri dari PBT (Paper-Based Test) dan CBT (Computer-Based Test) dirancang untuk mengukur kemampuan dasar calon mahasiswa meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang sains dan teknologi (Saintek) serta bidang sosial dan humaniora (Soshum).

Dihari yang sama 1.059 Calon mahasiswa baru (Camaba) Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) yang lolos Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) melakukan daftar ulang yang dipusatkan di Graha ITS. Dari jumlah itu, 209 diantaranya merupakan camaba dari Bidik Misi. Departemen Sistem Informasi menerima 46 mahasiswa baru dari jalur ini, 9 orang diantaranya camaba dari Bidik Misi. Pendaftaran ulang untuk camaba SNMPTN yang dilakukan pada 16 Mei ini merupakan proses verifikasi biodata, baik untuk camaba non Bidik Misi maupun Bidik Misi. Hasil verifikasi biodata ini nantinya akan menentukan camaba tersebut bisa lanjut daftar ulang atau tidak sebagai maba di ITS. bisa dilihat melalui http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Pelaksanaan SBMPTN yang berlokasi di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) total diikuti 6.820 peserta Saintek. Sebanyak  620 peserta mengikuti tes Computer Based Test (CBT) di ITS, dan 6.200 mengikuti Paper Based Test (PBT) di ITS dan PPNS.

Sementara di Departemen Sistem Informasi yang menjadi lokasi ujian Saintek 24 Panlok Surabaya menampung jumlah peserta SBMPTN sebanyak 290 peserta dengan rincian 240 mengikuti ujian PBT, dan 50 peserta untuk ujian CBT. Penempatan Ujian di Departemen Sistem Informasi sendiri dilaksanakan di lantai 1 dengan menempati 9 ruang kelas dan 1 Laboratorium Studio Aplikasi Terapan. Ujian SBMPTN di Departemen termuda di FTIF ini selain dijaga oleh pengawas yang berasal dari Departemen Sistem Informasi juga melibatkan beberapa pengawas dari institusi pendidikan lain yang semuanya mejadi Panitia Lokal Surabaya.

Seperti yang tertera pada jadwal ujian bahwa peserta tidak boleh terlambat dan dijadwalkan pukul 07.00 sudah memasuki ruang ujian, maka sejak pukul 06.00 Plaza Departemen Sistem Informasi sudah diramaikan oleh peserta yang diantaranya ada juga yang diantar orang tuanya. Setidaknya kehadiran orang tua bagi camaba dapat memberikan motivasi bagi peserta ujian.

Pelaksanaan Ujian yang hanya berlangsung 1 hari di Departemen Sistem Informasi baik yang PBT maupun CBT terdiri dari 2 materi meliputi Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) dan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TPA). Pelaksanaan ujian berlangsung lancar tanpa kendala berarti semacam listrik padam atau gangguan jaringan. Meskipun demikian Panitia telah menyiapkan genset guna mengantisipasi jika terjadi listrik padam.

Ujian SBMPTN berakhir tepat pukul 11.45 untuk Saintek. Sesuai jadwal seleksi untuk  Pengumuman Hasil ujian SBMPTN akan diumumkan pada hari Selasa tanggal 13 Juni 2017 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Bagi semua peserta ujian SBMPTN 2017 dimohon untuk tetap menyimpan kartu peserta ujian nya karena sebagai bukti yang harus dilampirkan sebagai syarat jika nanti diterima atau lolos seleksi SBMPT. Semoga usaha yang telah dilakukan oleh semua peserta dapat meraih keberhasilan sesuai harapan dan impian peserta dan orang tua tentunya. Semoga… (rin/ark)


Pengumuman SNMPTN 2017

Hari yang dinanti peserta SNMPTN tiba. Setelah melalui beberapa tahapan dalam proses penerimaan calon mahasiswa baru jalur undangan di PTN seluruh Indonesia , akhirnya Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengumumkan hasil seleksi pada Rabu (26/4/2017). Pengumuman bisa diunggah di situs resmi SNMPTN dengan alamat www.snmptn.ac.id.

Jalur SNMPTN diseleksi berdasar hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa. Hasil prestasi siswa di sekolah mulai semester pertama sampai dengan semester ke lima (5) menjadi bahan pertimbangan kelulusan di SNMPTN.

Dari 1026 nama yang berhasil menembus SNMPTN dengan pilihan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Departemen Sistem Informasi menerima 46 mahasiswa baru dari jalur ini. Jumlah tersebut berdasar kuota 30 persen dari jumlah keseluruhan mahasiswa baru Departemen Sistem Informasi ITS tahun 2017

Bagi siswa yang lolos SNMPTN, perlu untuk disimak, proses verifikasi dokumen peserta atau pendaftaran ulang di ITS (PTN masing-masing) dilakukan pada tanggal 16 Mei 2017 bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2017. Khusus siswa yang berasal dari kalangan tidak mampu tidak perlu khawatir karena pemerintah melalui Kementerian Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah menyiapkan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.

Untuk yang belum lolos SNMPTN tidak perlu cemas. Masih ada dua jalur penerimaan PTN lainnya yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan diadakan pada tanggal 16 Mei, dan seleksi mandiri dari ITS juga PTN terkait.

Selamat buat calon mahasiswa baru yang telah diterima di Kampus Perjuangan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya melalui jalur SNMPTN. Selamat datang di Departemen Sistem Informasi sebagai salah satu Departemen dari Kampus Perjuangan ITS.. Vivat ITS. (rin/ark)