Alumni SI ITS 2010 Studi S2 di Inggris

 

 

Melanjutkan jenjang pendidikan S2 keluar negri merupakan impian sebagian besar mahasiswa tak terkecuali bagi Fino Nurcahyo, salah satu alumni Jurusan Sistem Informasi FTIF-ITS (angkatan 2010) yang berasal dari Jakarta, dan kini sedang melanjutkan studi ke jenjang S2 di Inggris.

Q:  Dimana Anda memilih untuk melanjutkan kuliah? Dan jurusan apa yang Anda pilih?

Saya ambil master di Bournemouth University lokasinya di kota Bournemouth, dua jam menggunakan bus ke selatan dari ibukota Inggris, London. Jurusan yang saya ambil Innovation Management and Entrepreneurs hip.

Q:  Bagaimana awal ceritanya sampai bisa kuliah ke luar negeri ?

Awalnya saya mencoba untuk memenuhi berbagai persyaratan untuk apply di kampus kampus yang memiliki jurusan yang berhubungan dengan entrepreneurship dan pada akhirnya saya mendapatkan Confirmation of Acceptance for Studies (CAS) dari kampus di UK.

Q:  Apa yang mendorong Anda untuk mengambil program S2 di luar negeri?

Karena saya sudah berencana ambil jurusan yang berhubungan dengan Entrepreneurship, saya merasa ingin saling berbagi ilmu mengenai pengembangan bisnis dengan orang orang dari berbagai belahan dunia.

Q:  Bagaimana dengan sistem kuliah disana? Apakah menggunakan sistem SKS juga?

Untuk sistem perkuliahan jenjang master (taught course) di UK, mata kuliah sudah ditentukan oleh pihak universitas dan dibagi ke dalam tiga term. Pada term ke satu dan dua, mahasiswa mengikuti kelas yang terbagi atas dua macam kelas yaitu lecture dan seminar sesuai dengan mata kuliah yang sudah ditentukan. Terakhir pada term ke tiga merupakan waktu yang dialokasikan untuk mengerjakan disertasi.


Selamat Datang Mahasiswa Baru Magister Sistem Informasi Jurusan Sistem Informasi ITS

 

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS – Selamat datang mahasiswa baru Program Pascasarjana Program Studi Magister Sistem Informasi di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)!

Sebanyak 24 mahasiswa yang terdiri atas 23 mahasiswa lokal dari seluruh Indonesia dan 1 mahasiswa asing asal Tanzania diterima menjadi mahasiswa baru di Tahun Akademik 2016/2017 pada Program Studi yang sudah tiga tahun berdiri sendiri, lepas dari Program Studi Magister Teknik Informatika ITS tersebut.

Sebelum memulai kegiatan perkuliahan, sebagai mahasiswa baru ITS, mereka diwajibkan untuk mengikuti kegiatan Informasi dan Pengenalan ITS (IPITS). Untuk kegiatan orientasi mahasiswa baru tersebut, terlebih dahulu mereka mengikuti IPITS tingkat Program Pascasarjana yang diselenggarakan di Gedung Pascasarjana ITS pada hari Selasa (30/8) lalu, bergabung bersama mahasiswa-mahasiswa Magister baru Program Studi lain. Keesokan harinya, Rabu (31/8) mereka mengikuti kegiatan IPITS tingkat Program Studi yang dilaksanakan di Ruang TC-102 Jurusan Sistem Informasi ITS.

Adapun dalam kegiatan IPITS tingkat Program Studi Magister Sistem Informasi diawali dengan pengenalan Program Studi yang disampaikan langsung oleh Ketua Program Studi Magister Sistem Informasi Jurusan Sistem Informasi ITS, Dr Apol Pribadi Subriadi ST MT yang juga sekaligus membuka acara.

Dilanjutkan dengan pengenalan laboratorium-laboratorium atau studio yang akan menjadi fasilitas pembelajaran selama mahasiswa menempuh pendidikan Magister Sistem Informasi yang disampaikan oleh masing-masing perwakilannya. Diawali oleh pengenalan Laboratorium Rekayasa Data dan Intelegensia Bisnis (RDIB) yang diwakili oleh Wiwik Anggraeni SSi MKom, yang kemudian dilanjutkan dengan pengenalan Laboratorium Akuisisi Data dan Diseminasi Informasi (ADDI) oleh Faizal Johan Atletiko SKom MKom.

 

Berlanjut berturut-turut dengan pengenalan Laboratorium Manajemen Sistem Informasi (MSI) oleh Sholiq ST MKom MSA, Laboratorium Sistem Enterprise (SE) oleh Rully Agus Hendrawan SKom MEng, dan tak ketinggalan pengenalan Laboratorium Infrastruktur dan Keamanan Teknologi Informasi (IKTI) oleh Bekti Cahyo Hidayanto SSi MKom yang melengkapi pengenalan lima laboratorium riset yang ada di Jurusan Sistem Informasi ITS. Dalam pemaparan tersebut juga mahasiswa baru diajak berdiskusi tentang topik riset terkait tesis yang akan ditulis disesuaikan dengan bidang keahlian dosen atau laboratorium yang bersangkutan.

 

 

Setelah itu, diteruskan dengan pengenalan fasilitas lain berupa Studio Pemrograman oleh Arif Wibisono SKom MSc, Studio Aplikasi Terapan oleh Nur Aini Rakhmawati SKom MSc Eng hingga pengenalan Sistem Operasi dan Jaringan oleh Radityo Prasetianto Wibowo SKom MKom.

Tak lupa, setelah mengikuti materi pengenalan di kelas, mahasiswa baru peserta IPITS juga diajak berkunjung berkeliling Jurusan Sistem Informasi ITS, mulai dari melihat langsung sarana dan prasarana pendidikan yang ada terkait laboratorium-laboratorium dan studio yang telah dipaparkan dalam materi di kelas, hingga Ruang Diskusi, Ruang Baca dan tak lupa Ruang Tata Usaha Program Pascasarjana Program Studi Magister Sistem Informasi Jurusan Sistem Informasi ITS.

Selamat datang, selamat belajar dan semoga lancar! (shi)


Sosialisasi Tugas Akhir dan Laboratorium Jurusan Sistem Informasi ITS

 

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS – Jum’at (16/9) sore hari menjelang akhir jam operasional akademik, bertempat di Plaza Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah diselenggarakan acara Sosialisasi Tugas Akhir dan Laboratorium.

Acara yang diselenggarakan khususnya untuk mahasiswa Angkatan 2013 dan 2014 Jurusan Sistem Informasi ITS tersebut adalah sebagai bekal mereka nantinya mengambil Tugas Akhir untuk bisa lulus dan meraih gelar Sarjana Komputer (SKom).  Dibuka oleh Ketua Prodi S1 Jurusan Sistem Informasi ITS, Nisfu Asrul Sani SKom MSc yang menjelaskan segala aturan akademik terkait penulisan tugas akhir.

 

Tiap mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya dalam Program Studi (Prodi) Sarjana Sistem Informasi ITS diwajibkan untuk menyusun suatu karya ilmiah yang disebut Tugas Akhir, setelah mahasiswa yang bersangkutan memenuhi persyaratan tertentu. Dengan menyusun Tugas Akhir ini, diharapkan mahasiswa mampu merangkum, mengaplikasikan, menuangkan semua pengetahuan, keterampilan, ide untuk memecahkan masalah dalam bidang keahliannya secara sistematis, logis, kritis dan kreatif, didukung oleh data atau informasi yang akurat dengan analisis yang tepat.

Beberapa kebijakan mulai dari syarat, tata cara dan aturan penulisan dijelaskan secara rinci oleh dosen yang juga alumni Jurusan Sistem Informasi ITS ini. Termasuk penekanan terkait kode etik akademik tentang plagiarisme dan adanya warning untuk indikasi bentuk-bentuk kecurangan dalam penulisan Tugas Akhir yang harus ditaati oleh mahasiswa.

Selain itu, juga diselenggarakan Sosialisasi Laboratorium untuk lima fasilitas laboratorium riset yang dimiliki oleh Jurusan Sistem Informasi ITS, masing-masing adalah Laboratorium Rekayasa Data dan Intelegensia Bisnis (RDIB), Laboratorium Akuisisi Data dan Diseminasi Informasi (ADDI), Laboratorium Manajemen Sistem Informasi (MSI), Laboratorium Sistem Enterprise (SE) dan Laboratorium Infrastruktur dan Keamanan Teknologi Informasi (IKTI). Dalam pemaparan tersebut juga mahasiswa diajak berdiskusi tentang topik riset terkait Tugas Akhir yang akan ditulis untuk disesuaikan dengan bidang keahlian dosen atau laboratorium yang bersangkutan. (shi)

Foto : Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI)


Happy Dengan Senam Pagi di Jurusan Sistem Informasi ITS

 

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS – Di tengah beragam kesibukan dengan sederet tugas yang harus dikerjakan terkadang membuat seseorang lupa hingga akhirnya mengabaikan kesehatan tubuhnya. Saat kemudian tubuh bereaksi dengan sakit yang dirasakan, barulah kemudian seseorang tersebut sadar betapa pentingnya salah satu faktor utama dalam hidup tersebut.

Kita semua apapun profesinya, apakah pegawai sebuah instansi, profesional sebuah korporasi ataupun mahasiswa sebuah sekolah tinggi dengan load aktivitas berfokus pada konsentrasi pikiran yang tinggi, disadari akan membuat kita semua jarang bahkan hampir tidak pernah untuk meluangkan waktu sebentar guna beraktivitas fisik menyehatkan tubuh. Padahal tubuh yang sehat dengan fisik yang bugar adalah syarat mutlak kita semua untuk melakukan semua aktivitas berpikir tersebut, sebagaimana makna dari ungkapan Latin “Mens sana in corpore sano”, yang artinya adalah “Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.”

Termasuk juga dengan civitas academica Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kelompok/komunitas/warga akademik di Jurusan termuda di bawah Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) yang terdiri dari tenaga pendidik dengan kesibukan mengajarnya, tenaga kependidikan dengan kesibukan manajerialnya dan mahasiswa dengan kesibukan menuntut ilmunya ini agaknya menjadikan mereka kurang peduli dengan kebugaran tubuh.

Untuk itulah, mulai awal minggu kedua perkuliahan Semester Gasal 2016/2017 ini digalakkan kembali senam pagi bersama civitas academica Jurusan Sistem Informasi ITS. Kegiatan bernama “SESINDO: Senam SI Nang Parkiran Dosen” ini digelar setiap hari Jum’at, yang dimulai dari pukul 6 pagi hingga selesai. Menghadirkan instruktur senam profesional, kegiatan olah fisik yang tentunya menyehatkan ini adalah juga bagian dari mata kuliah Manajemen Proyek Teknologi Informasi (MPTI), dimana mengharuskan mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini untuk hadir.

Udara pagi yang segar membuat suasana yang tepat untuk memulai hari dengan aktivitas fisik yang menyehatkan. Dentuman musik pengiring yang happy dan upbeat terasa menggugah semangat tubuh setiap peserta kegiatan untuk bergerak dinamis mengikuti arahan instruktur, ditambah dengan nuansa keakraban yang tercipta saat dengan happy dan gembira bersama-sama menikmati sajian kudapan sehat seusai memeras keringat.

Meski dilakukan pada pagi hari yang untuk sebagian mahasiswa telah terbiasa dengan jam biologis dan ritme hidup kurang sehat selama ini, terasa agak berat untuk menyesuaikan pada awalnya. Berjuang melawan rasa kantuk dan malas yang mendera untuk datang ke venue adalah tugas mereka. Demikian juga dengan yang lain, para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk menyesuaikan dengan kesibukan memulai hari dan beraktivitas bersama keluarga masing-masing. Namun semoga semua ini terbayar dengan manfaat yang akan dirasakan oleh seluruh civitas academica Jurusan Sistem Informasi ITS kelak! (shi)

Foto : Rio Tria H.


Syukuran Wisuda 114 Jurusan Sistem Informasi ITS : Sebuah Kisah Klasik Untuk Masa Depan

 

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS – “Bersenang-senanglah karena hari ini yang ‘kan kita rindukan, di hari nanti, sebuah kisah klasik untuk masa depan.” Penggalan lirik lagu lawas Sheila on 7 bertajuk “Sebuah Kisah Klasik” yang dipopulerkan kembali oleh Rendy Pandugo ini sepertinya cocok untuk menjadi lagu tema dari akhir kisah perjuangan para mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam menyelesaikan studinya. Pada hari Sabtu (17/9) lalu, mereka resmi menyandang gelar sebagai Sarjana Komputer dan Magister Ilmu Komputer, seiring dengan digelarnya prosesi Wisuda 114 untuk 3775 wisudawan Program Studi Sarjana, Magister, Doktoral dan Vokasi di lingkungan ITS.

Hari itu, bertempat di Grha Sepuluh Nopember ITS, sebanyak 125 wisudawan Program Studi Sarjana dan 20 wisudawan Program Studi Magister dari Jurusan Sistem Informasi ITS berbaur bersama para wisudawan lain dari Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) yang diwisuda terlebih dahulu pada gelaran hari pertama dari empat rangkaian Wisuda Semester Gasal 2016/2017 tersebut. Diantara mereka, sejumlah 42 wisudawan dari Program Sarjana dan 1 orang wisudawan Program Magister yang meraih predikat kelulusan “Dengan Pujian” dikukuhkan dalam prosesi yang dipimpin langsung oleh Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD.

 

Selesai mengikuti acara seremonial tersebut, seluruh wisudawan beserta keluarga dan kerabat diundang untuk menghadiri Syukuran Wisuda 114 yang digelar di halaman parkir Jurusan Sistem Informasi ITS. Dengan berjalan melangkahkan kaki ke gedung yang letaknya hanya bersebelahan dengan tempat wisuda mereka, para wisudawan diajak untuk bersama-sama merayakan kelulusan mereka sekaligus sebagai tanda bahwa Jurusan Sistem Informasi ITS dengan bangga resmi melepas mereka untuk menjadi bagian dari Keluarga Besar Alumni-nya.

 

Edwin Riksakomara SKom MT selaku Sekretaris Jurusan memimpin acara yang rutin digelar oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) ini. Bertindak mewakili Ketua Jurusan yang masih menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, alumni Jurusan Teknik Komputer ITS Angkatan Keempat ini datang menyambut wajah-wajah bahagia para wisudawan beserta keluarga dan kerabat. Cuaca yang terik tidak menyurutkan semangat kegembiraan para wisudawan untuk mengabadikan momen kenangan terakhir mereka di tempat mereka selama ini menuntut ilmu, termasuk semangat beberapa dosen pengajar yang menyempatkan diri untuk hadir sebagai undangan, menjadi saksi salah satu bagian penting dalam hidup mahasiswa yang pernah diajarnya untuk selanjutnya meraih kesuksesannya masing-masing. Tak lupa, para adik kelas yang juga dengan bangga hadir untuk melepas kakak tingkatnya seraya berharap dapat lekas mengikuti jejaknya.

 

Hiburan ramah tamah, diiringi ucapan selamat tak henti-henti hingga berfoto bersama dengan dosen, keluarga dan kerabat ataupun rekan sesama wisudawan bahkan adik kelas yang menjadi Pendamping Wisuda menjadi gambaran suasana bahagia dan kesenangan yang larut menyelimuti. Semoga menjadi abadi untuk dikenang serta dirindukan sebagai sebuah kisah yang manis kelak di masa depan, ya? (shi)