Happy Dengan Senam Pagi di Jurusan Sistem Informasi ITS

 

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS – Di tengah beragam kesibukan dengan sederet tugas yang harus dikerjakan terkadang membuat seseorang lupa hingga akhirnya mengabaikan kesehatan tubuhnya. Saat kemudian tubuh bereaksi dengan sakit yang dirasakan, barulah kemudian seseorang tersebut sadar betapa pentingnya salah satu faktor utama dalam hidup tersebut.

Kita semua apapun profesinya, apakah pegawai sebuah instansi, profesional sebuah korporasi ataupun mahasiswa sebuah sekolah tinggi dengan load aktivitas berfokus pada konsentrasi pikiran yang tinggi, disadari akan membuat kita semua jarang bahkan hampir tidak pernah untuk meluangkan waktu sebentar guna beraktivitas fisik menyehatkan tubuh. Padahal tubuh yang sehat dengan fisik yang bugar adalah syarat mutlak kita semua untuk melakukan semua aktivitas berpikir tersebut, sebagaimana makna dari ungkapan Latin “Mens sana in corpore sano”, yang artinya adalah “Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.”

Termasuk juga dengan civitas academica Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kelompok/komunitas/warga akademik di Jurusan termuda di bawah Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) yang terdiri dari tenaga pendidik dengan kesibukan mengajarnya, tenaga kependidikan dengan kesibukan manajerialnya dan mahasiswa dengan kesibukan menuntut ilmunya ini agaknya menjadikan mereka kurang peduli dengan kebugaran tubuh.

Untuk itulah, mulai awal minggu kedua perkuliahan Semester Gasal 2016/2017 ini digalakkan kembali senam pagi bersama civitas academica Jurusan Sistem Informasi ITS. Kegiatan bernama “SESINDO: Senam SI Nang Parkiran Dosen” ini digelar setiap hari Jum’at, yang dimulai dari pukul 6 pagi hingga selesai. Menghadirkan instruktur senam profesional, kegiatan olah fisik yang tentunya menyehatkan ini adalah juga bagian dari mata kuliah Manajemen Proyek Teknologi Informasi (MPTI), dimana mengharuskan mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini untuk hadir.

Udara pagi yang segar membuat suasana yang tepat untuk memulai hari dengan aktivitas fisik yang menyehatkan. Dentuman musik pengiring yang happy dan upbeat terasa menggugah semangat tubuh setiap peserta kegiatan untuk bergerak dinamis mengikuti arahan instruktur, ditambah dengan nuansa keakraban yang tercipta saat dengan happy dan gembira bersama-sama menikmati sajian kudapan sehat seusai memeras keringat.

Meski dilakukan pada pagi hari yang untuk sebagian mahasiswa telah terbiasa dengan jam biologis dan ritme hidup kurang sehat selama ini, terasa agak berat untuk menyesuaikan pada awalnya. Berjuang melawan rasa kantuk dan malas yang mendera untuk datang ke venue adalah tugas mereka. Demikian juga dengan yang lain, para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk menyesuaikan dengan kesibukan memulai hari dan beraktivitas bersama keluarga masing-masing. Namun semoga semua ini terbayar dengan manfaat yang akan dirasakan oleh seluruh civitas academica Jurusan Sistem Informasi ITS kelak! (shi)

Foto : Rio Tria H.


Syukuran Wisuda 114 Jurusan Sistem Informasi ITS : Sebuah Kisah Klasik Untuk Masa Depan

 

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS – “Bersenang-senanglah karena hari ini yang ‘kan kita rindukan, di hari nanti, sebuah kisah klasik untuk masa depan.” Penggalan lirik lagu lawas Sheila on 7 bertajuk “Sebuah Kisah Klasik” yang dipopulerkan kembali oleh Rendy Pandugo ini sepertinya cocok untuk menjadi lagu tema dari akhir kisah perjuangan para mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam menyelesaikan studinya. Pada hari Sabtu (17/9) lalu, mereka resmi menyandang gelar sebagai Sarjana Komputer dan Magister Ilmu Komputer, seiring dengan digelarnya prosesi Wisuda 114 untuk 3775 wisudawan Program Studi Sarjana, Magister, Doktoral dan Vokasi di lingkungan ITS.

Hari itu, bertempat di Grha Sepuluh Nopember ITS, sebanyak 125 wisudawan Program Studi Sarjana dan 20 wisudawan Program Studi Magister dari Jurusan Sistem Informasi ITS berbaur bersama para wisudawan lain dari Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) yang diwisuda terlebih dahulu pada gelaran hari pertama dari empat rangkaian Wisuda Semester Gasal 2016/2017 tersebut. Diantara mereka, sejumlah 42 wisudawan dari Program Sarjana dan 1 orang wisudawan Program Magister yang meraih predikat kelulusan “Dengan Pujian” dikukuhkan dalam prosesi yang dipimpin langsung oleh Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD.

 

Selesai mengikuti acara seremonial tersebut, seluruh wisudawan beserta keluarga dan kerabat diundang untuk menghadiri Syukuran Wisuda 114 yang digelar di halaman parkir Jurusan Sistem Informasi ITS. Dengan berjalan melangkahkan kaki ke gedung yang letaknya hanya bersebelahan dengan tempat wisuda mereka, para wisudawan diajak untuk bersama-sama merayakan kelulusan mereka sekaligus sebagai tanda bahwa Jurusan Sistem Informasi ITS dengan bangga resmi melepas mereka untuk menjadi bagian dari Keluarga Besar Alumni-nya.

 

Edwin Riksakomara SKom MT selaku Sekretaris Jurusan memimpin acara yang rutin digelar oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) ini. Bertindak mewakili Ketua Jurusan yang masih menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, alumni Jurusan Teknik Komputer ITS Angkatan Keempat ini datang menyambut wajah-wajah bahagia para wisudawan beserta keluarga dan kerabat. Cuaca yang terik tidak menyurutkan semangat kegembiraan para wisudawan untuk mengabadikan momen kenangan terakhir mereka di tempat mereka selama ini menuntut ilmu, termasuk semangat beberapa dosen pengajar yang menyempatkan diri untuk hadir sebagai undangan, menjadi saksi salah satu bagian penting dalam hidup mahasiswa yang pernah diajarnya untuk selanjutnya meraih kesuksesannya masing-masing. Tak lupa, para adik kelas yang juga dengan bangga hadir untuk melepas kakak tingkatnya seraya berharap dapat lekas mengikuti jejaknya.

 

Hiburan ramah tamah, diiringi ucapan selamat tak henti-henti hingga berfoto bersama dengan dosen, keluarga dan kerabat ataupun rekan sesama wisudawan bahkan adik kelas yang menjadi Pendamping Wisuda menjadi gambaran suasana bahagia dan kesenangan yang larut menyelimuti. Semoga menjadi abadi untuk dikenang serta dirindukan sebagai sebuah kisah yang manis kelak di masa depan, ya? (shi)


Bersiap Dirikan Prodi Baru, FKTI Unmul Terlebih Dahulu Berkunjung Ke JSI ITS

 

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS – Selamat datang di Jurusan Sistem Informasi (JSI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kami ucapkan! 19 September 2016 lalu, enam orang staf Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FKTI) Universitas Mulawarman (Unmul) datang ke Jurusan Sistem Informasi ITS dan melakukan kunjungan akademik.

Dipimpin langsung oleh Dr Nathaniel Dengen MSi selaku Dekan FKTI, rombongan dari universitas tertua di Kalimantan Timur tersebut bermaksud melakukan studi banding guna pengembangan Program Studi dan Fakultas di Universitas yang berjuluk “Kampus Hijau” tersebut.

Edwin Riksakomara SKom MT selaku Sekretaris Jurusan Sistem Informasi ITS menerima rombongan dengan didampingi oleh Ketua Program Studi S2 Sistem Informasi, Ketua Program Studi S1 Sistem Informasi dan Ketua Asosiasi Sistem Informasi Indonesia (AISINDO), mewakili Ketua Jurusan yang masih menunaikan ibadah haji.

 

Adapun maksud kunjungan kali ini adalah untuk persiapan pembukaan Program Studi baru S2 di FKTI Unmul, dimana dalam agendanya dibahas kerjasama pembinaan dan pembimbingan untuk melakukan perubahan dan inovasi terhadap peningkatan kualitas dan mutu pendidikan yang bertujuan menyiapkan dan meningkatkan sumber daya manusia Indonesia di wilayah Kalimantan Timur dan sekitarnya. Berlangsung hangat dan gayeng, acara yang digelar di Ruang Sidang Jurusan Sistem Informasi ITS tersebut juga sekaligus untuk mempererat persahabatan antara kedua belah pihak.

Meskipun selama ini Unmul juga telah memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, namun yang patut diacungi jempol adalah kesediaan mereka untuk tetap merasa perlu belajar. Terkait dengan ini, rombongan banyak menggali ilmu dari success story Program Studi S2 Sistem Informasi Jurusan Sistem Informasi ITS yang dijelaskan langsung oleh Dr Apol Pribadi Subriadi ST MT selaku Ketua Program Studi.

Semoga setelah kunjungan ini, dapat terwujud keinginan baik bersama tersebut ya? (shi)


Visitasi Auditor : Tahap 2 Penilaian SPMI Di JSI ITS

 

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS – Penilaian Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sudah memasuki tahap kedua, dimana para auditor mulai melakukan visitasi ke masing-masing unit untuk menjalankan tugasnya.

Auditor, yang dalam hal ini terdiri dari para dosen berkualifikasi sebagai assessor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan yang dinyatakan lulus dalam pelatihan Auditor yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS, datang berkunjung langsung untuk melakukan penilaian yang terdiri atas proses wawancara dengan person in charge (PIC) di setiap Program Studi (Prodi), pengamatan di lapangan, dan evaluasi terhadap dokumen pendukung yang ada.

Seperti halnya yang dialami oleh Prodi S2 Sistem Informasi dan Prodi S1 Sistem Informasi. Dua program studi di bawah naungan Jurusan Sistem Informasi (JSI) Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) ITS tersebut menerima kedatangan para auditor yang melakukan penilaian, berturut-turut pada Rabu (5/10) dan Kamis (6/10). Tim yang terdiri atas dua orang auditor datang untuk mengevaluasi proses penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi di JSI ITS, melalui  penilaian SPMI yang bertujuan memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan.

 

Hari pertama penilaian (5/10) dijalani oleh Prodi S2 Sistem Informasi. Tim auditor yang diketuai oleh Dr Fahimah Martak MSi, dengan anggota Dr Enny Zulaika MS dimana keduanya adalah dosen ITS, masing-masing pada Jurusan Kimia dan Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) tersebut diterima resmi oleh Dr Apol Pribadi Subriadi ST MT selaku Ketua Prodi S2 Sistem Informasi ITS saat datang tepat pada pukul 14:00 WIB. Selama kurang lebih dua jam, sekurangnya sembilan orang yang tergabung dalam Tim SPMI Prodi S2 Sistem Informasi ITS dengan didampingi oleh Ketua dan Sekretaris Jurusan Sistem Informasi ITS bekerja kompak bahu-membahu menjawab pertanyaan sesuai tanggung jawabnya menjadi gambaran suasana penilaian yang dilakukan bertempat di Ruang Sidang Jurusan Sistem Informasi ITS tersebut.

 

 

Suasana yang sama juga terlihat pada hari kedua penilaian SPMI (6/10), yang dijalani oleh Prodi S1 Sistem Informasi ITS. Bertindak selaku auditor adalah dua orang dosen Fakultas Teknologi Kelautan ITS, sebagai Auditor Ketua adalah Anak Agung Bagus Dinariyana Dwi Putranta ST MES PhD yang juga dosen Jurusan Teknik Sistem Perkapalan dan Aris Sulisetyono ST MASc PhD dari Jurusan Teknik Perkapalan sebagai anggota. Diterima oleh Nisfu Asrul Sani SKom MSc selaku Ketua Prodi S1 Sistem Informasi ITS dengan didampingi oleh Edwin Riksakomara SKom MT selaku Sekretaris Jurusan, sepuluh orang yang tergabung dalam Tim SPMI Prodi S1 Sistem Informasi ITS juga terlihat kompak menjalani kunjungan penilaian yang dimulai tepat pukul 08:00 WIB dan bertempat di ruang yang sama tersebut.

 

Semua dokumen disiapkan oleh tim SPMI yang bekerja di bawah Surat Keputusan Dekan FTIf ITS. Menyesuaikan dengan masing-masing standar penilaian, semua dokumen dijajar dengan rapi dan diperlihatkan kepada tim auditor bila diminta. Buku, jurnal, sertifikat hingga copy surat keputusan dan Buku Borang Akreditasi Program Studi ditata pada box file dan ordner yang disediakan sebagai pendukung dokumen isian online yang telah di-submit sebelumnya pada laman spmi.its.ac.id tersebut.

Semoga semua usaha dan kerja keras bersama berbuah hasil yang manis dan maksimal demi memelihara tradisi Jurusan Sistem Informasi ITS juara, ya? (shi)


Cetak Generasi Unggulan Mahasiswa Lewat Fun Learning With Scratch

 

SURABAYA, JURUSAN SISTEM INFORMASI ITS – Pada Sabtu (8/10/2016) kemarin, di Jurusan Sistem Informasi (JSI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), terlihat pemandangan yang berbeda dari suasana kampus pada umumnya. Jika biasanya yang terlihat adalah kelebatan mahasiswa usia remaja yang berlalu-lalang silih berganti bersemangat memasuki kelas untuk mengikuti perkuliahan, kemarin yang terlihat adalah justru semangat keceriaan serombongan anak-anak usia Sekolah Dasar (SD).

Apakah kampus JSI ITS sekarang sudah berubah fungsi? Jawabannya tentu saja tidak, hanya saja memang saat itu, Jurusan termuda di Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) ITS tersebut sedang kedatangan tamu siswa-siswi SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Sebanyak tiga puluh siswa-siswi sekolah dasar yang berlokasi di Keputih Sukolilo tersebut mengikuti acara pelatihan animasi bertajuk “Fun Learning With Scratch” sesi kedua. Adapun sesi pertama pelatihan yang sama sebelumnya telah digelar pada bulan Agustus 2016 lalu untuk kalangan siswa-siswi SDIT Al-Uswah Surabaya.

Bertempat di Studio Pemrograman Sistem Informasi (SPSI), acara ini adalah realisasi kegiatan atas pengajuan proposal Iptek Bagi Masyarakat (IBM) ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), hingga berhasil menggaet mitra. Diinisiasi  oleh beberapa staf pendidik Jurusan Sistem Informasi ITS dengan melibatkan mahasiswa, sehingga kegiatan ini juga menjadi semacam agenda Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M).

 

Siswa-siswi tersebut diajarkan membuat karya animasi dengan menggunakan software Scratch. Mereka diajak berkreasi membuat berbagai animasi gerak dengan perangkat lunak yang sangat aplikatif bagi anak-anak, khususnya pada tingkatan SD tersebut. Berangkat dari animasi yang rata-rata digemari oleh anak-anak, selanjutnya kepada mereka juga diajarkan bahasa pemrograman sederhana melalui diantaranya logic thinking dan hitungan yang dibutuhkan untuk membuat gerak sebagai dasar konsep animasi yang mereka buat.

Kepada anak-anak cikal bakal masa depan bangsa tersebut, ditanamkan usaha untuk mengenal teknologi informasi sejak dini, sehingga nantinya mereka akan memiliki ketertarikan yang lebih.  Dari apa yang telah diajarkan diharapkan mereka akan memahaminya, sehingga saat kelak mereka bisa lebih mendalaminya dengan berkuliah di Jurusan Sistem Informasi ITS sebagai pilihan tempat studinya, anak-anak tersebut akan menjadi generasi unggulan mahasiswa teknologi informasi. Semoga! (shi)