Analisa Kesuksesan Sistem Informasi Akademik di Perguruan Tinggi dengan Menggunakan D & M IS Success Model (Studi Kasus: ITS Surabaya)

by Ardhini Warih Utami,Febriliyan Samopa
( Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya, Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember )

Date Published: 01 Sep 2013
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 4 No 5
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2013.09.001

Keywords: Sistem Informasi Akademik,D & M IS Success,pemodelan persamaan struktural

Abstract

Implementasi sistem informasi akademik dalam lingkungan perguruan tinggi digunakan untuk pengolahan data akademik. Tujuan penelitian ini adalah mengukur dan menguji variabel-variabel serta indikator yang mempengaruhi kesuksesan sistem informasi akademik di penguruan tinggi dengan menggunakan perguruan tinggi ITS Surabaya sebagai studi kasus. Model penelitian yang dipergunakan mengadopsi model penelitian Delone & Mclean IS Success. satu set kuesioner yang disusun dalam penelitian disebarkan kepada 115 responden yang memiliki kualifikasi sebagai pengguna sistem informasi akademik ITS (mahasiswa, dosen, staff karyawan). Uji validitas, reliabilitas dan outlier terhadap data penelitian dilakukan untuk memperoleh data yang valid dan reliabel. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan Structural Equation Modelling. Pada penelitian ini terdapat 2 model penelitian, variabel yang dipergunakan dalam penelitian ini antara lain kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, pemakaian, kepuasan pengguna dan manfaat-manfaat bersih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada model 1 terdapat korelasi yang terjadi antar variabel yaitu kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akademik. Kualitas layanan dan kepuasan pengguna juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pemakaian sistem informasi akademik, pemakaian sistem informasi akademik dan kepuasan pengguna sistem informasi akademik memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap manfaat-manfaat bersih sistem informasi akademik. Pada model 2 juga terdapat hubungan antarvariabel yaitu: Kualitas sistem dan kualitas layanan memiliki pengaruh positif yang Utami, dkk., Analisa Kesuksesan Sistem Informasi Akademik di Perguruan Tinggi dengan… 295 signifikan terhadap pemakaian sistem informasi akademik. Kualitas sistem, informasi, layanan dan pemakaian sistem informasi akademik juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kepuasan pengguna sistem informasi akademik. Pemakaian sistem informasi akademik dan kepuasan pengguna sistem informasi akademik memiliki pengaruh postif dan signifikan terhadap terhadap manfaat-manfaat bersih sistem informasi akademik. Berdasarkan hasil analisa, kesuksesan sistem informasi akademik di ITS memiliki prosentase sebesar 62 % yang artinya kesuksesan sistem informasi akademik ITS berada pada tingkatan ”sukses” dengan didukung oleh faktor-faktor kesuksesan yang dihasilkan dalam penelitian.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)