Sistem Pendukung Keputusan Kelayanan TKI ke Luar Negeri Menggunakan FMADM

by Ardina Ariani,Leon Andretti Abdillah,Firamon Syakti
( Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma, Program Studi Komputerisasi Akuntansi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma )

Date Published: 01 Sep 2013
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 4 No 5
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2013.09.004

Keywords: Sistem Pendukung Keputusan,kelayakan,TKI,FMADM

Abstract

BP3TKI Palembang adalah instansi pemerintah yang mengoordinasikan, melaksanakan pendaftaran dan seleksi calon TKI serta lokasi penempatannya. Untuk memudahkan prosedur yang ada dan meningkatkan pengambilan keputusan, perlu dibangun sebuah sistem pendukung keputusan (SPK). SPK ini bertujuan untuk menentukan kelayakan tenaga kerja ke luar negeri dengan menerapkan Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) yang menggunakan metode pengembangan sistem linier sequential. Sistem ini dibangun dengan menggunakan Microsoft Visual Basic. Net 2010 dan database SQL Server 2008. Perancangan sistem menggunakan use case diagram dan class diagram untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan sistem serta pedoman implementasi sistem. Sistem Penunjang Keputusan yang dihasilkan mampu melakukan perangkingan terhadap calon TKI, sehingga memudahkan pihak BP3TKI dalam mengambil keputusan mengenai TKI yang akan diberangkatkan ke luar negeri.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)