Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah Pemrograman Komputer (Studi Kasus: UNISDA Lamongan)

by Nisaul Barokati,Fajar Annas
( Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, Jurusan Akuntansi dan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Darul Ulum Lamongan )

Date Published: 01 Sep 2013
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 4 No 5
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2013.09.006

Keywords: pembelajaran,hasil belajar,blended learning

Abstract

Teknologi Informasi merupakan salah satu tolak ukur terbesar bagi tingkat modern di dunia. Sedangkan, proses pembelajaran adalan proses yang melibatkan beberapa orang dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan. E-Learning menjadi salah satu solusi dalam menghadapi kemajuan teknologi dengan tetap mempertimbangkan kaidah-kaidah yang terdapat dalam proses pembelajaran. E-Learning juga memiliki kelebihan untuk meminimalkan efek dari waktu dan jarak yang selalu muncul dalam proses perolehan pengetahuan. Pada penelitian ini, mata kuliah Pemrograman Komputer dijadikan salah satu uji coba pertama dalam implementasi E-Learning. Mata kuliah Pemrograman Komputer ini telah diterapkan pada salah satu universitas di Indonesia (UNISDA) dan terdapat beberapa perbedaan yang lebih baik bila dibandingkan dengan sebelum implementasi E-Learning.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)