ANALISIS KINERJA ALGORITMA PENGGALIAN PROSES UNTUK PEMODELAN PROSES BISNIS PERENCANAAN PRODUKSI DAN PENGADAAN MATERIAL DENGAN KRITERIA CONTROL-FLOW

by Rachmadita Andreswari,Mahendrawathi ER
( Program Studi Sistem Informasi Fakultas Rekayasa Industri Telkom University, Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember )

Date Published: 01 Mar 2014
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5 No 1
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2014.03.008

Keywords: penggalian proses,algoritma,control-flow,SAP

Abstract

Pada penelitian ini akan dilakukan perbandingan kinerja dari empat algoritma penggalian proses, yaitu alpha++, duplikat genetika, genetika dan heuristic miner pada dua proses bisnis SAP, yaitu production planning dan material management. Pertama, event log dari dua proses bisnis diekstraksi dari PT.XYZ. Kemudian event log diproses dengan aplikasi penggalian proses, yaitu ProM. Setelah dihasilkan model proses, dilakukan evaluasi menggunakan conformance checking, metrik F-score, dan evaluasi kemampuan dalam menangani control-flow. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma terbaik dilihat dari analisis kinerja pada perencanaan produksi adalah algoritma duplikat genetika dan pada pengadaan material adalah adalah heuristic miner. Algoritma yang mempunyai kemampuan baik dalam menangani kriteria control-flow adalah heuristic miner. Secara umum dari penelitian tesis ini didapatkan kesimpulan bahwa algoritma heuristic miner mempunyai kinerja yang tinggi, kemampuan menangani control-flow yang baik dan waktu pemodelan yang singkat.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)