Perancangan Aplikasi Sosialisasi Pemilihan dan Pemungutan Suara Pemilu Legislatif 2014 Berbasis Teknologi Android Pada Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali

by I Wayan Sudiarsa,I Nyoman Agus Suarya Putra


Date Published: 01 Oct 2014
Published In:
Volume: Vol 5 No 1
Publisher:
Language: id-ID

Keywords: Android,komisi pemilihan umum,sosialisasi

Abstract

Penyelenggaraan Pemilu di Indonesia di kelola oleh sebuah lembaga negara yang disebut dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Komisi pemilihan umum menyelenggarakan pemilihan umum dengan cakupan wilayah kerja secara nasional, berkesinambungan dan tidak terpengaruh oleh pihak manapun. Pada pemilihan umum legislatif yang dilaksanakan pada tahun 2014 terdapat berbagai prosedur dalam pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara(TPS). Dalam pelaksanaannya perlu dilakukan sosialisasi mengenai prosedur ini dari KPU pusat sampai ke tingkat yang paling bawah, agar tidak terjadi perbedaan persepsi dalam pelaksanaan prosedur pemilihan dan pemungutan suara maka sosialisasi yang baik mutlak diperlukan. Pada saat ini sistem operasi pada perangkat telepon genggam yang paling popular adalah sistem operasi android, sistem ini membuka diri terhadap berbagai bahasa pemrograman yang memungkinkan para developer untuk bisa berkreasi dalam memecahkan masalah di sekitarnya. Aplikasi dalam sistem operasi android bisa menjadi alternatif solusi dalam sosialisasi pemilihan dan pemungutan suara pemilu legislatif 2014 berbasis teknologi android pada komisi pemilihan umum provinsi bali. Dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode sekuensial linier dengan tahapan: pengumpulan data dan analisis masalah, desain sistem, pengkodean, pengujian, pembahasan hasil dan yang terakhir adalah perumusan kesimpulan dan saran.


© 2018 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)