PERENCANAAN STRATEGIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA SEKTOR PUBLIK MENGGUNAKAN KERANGKA THE OPEN GROUP ARCHITECTURE FRAMEWORK (TOGAF)

by Mario Glendi Kasenda,Eko Nugroho,Selo


Date Published: 22 Sep 2014
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2014
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: sistem informasi,Rencana Strategi,TOGAF ADM.

Abstract

Sistem informasi dan teknologi informasi (SI/TI) memainkan peran penting dalam mendukung suatu organisasi untuk melakukan proses bisnisnya. Sistem informasi dan teknologi informasi tidak hanya memberikan peningkatan efisiensi dan efektivitas kinerja organisasi, tetapi juga telah menjadi organisasi pemberdayaan utama untuk menjalankan proses bisnis dan mencapai tujuan bisnis dari organisasi dengan: memungkinkan cara-cara baru dalam mengelola organisasi, meningkatkan produktivitas dan kinerja, mengembangkan bisnis baru dan memberikan keunggulan kompetitif. Implementasi SI/TI di sektor publik adalah bagaimana integrasi antara kegiatan organisasi dan kebutuhan infrastruktur SI/TI dalam fungsi bisnis yang dijalankan. Dampak dari itu semua, organisasi menerapkan SI/TI dengan hanya memperhatikan kebutuhan sesaat dan memungkinkan penerapan SI/TI yang saling tumpang tindih. Oleh karena itu, perencanaan strategi SI/TI mutlak diperlukan oleh setiap organisasi yang akan memanfaatkan SI/TI. Konsep perencanaan strategis SI/TI yang digunakan dalam pengembangan SI/TI pada sektor publik adalah TOGAF dengan melakukan tahapan dalam Architecture Development Method (ADM). Hasil yang diperoleh pada perencanaan strategis SI/TI pada sektor publik, antara lain yaitu bahwa strategi solusi SI/TI yang disusun difokuskan pada fungsi bisnis di organisasi sektor publik dengan menggunakan pemodelan bisnis yang dikelola oleh organisasi yang memiliki aktivitas utama dan aktivitas pendukung.


© 2018 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)