PENGEMBANGAN ONTOLOGI PADA SEMANTIC WEB UNTUK PROSES PURCHASING (STUDI KASUS: INDUSTRI SEPEDA)

by Arnaldo Marulitua Sinaga,Rini Juliana Sipahutar,Jordan Ben Utoyo Siahaan,Marina Tiodora Gultom


Date Published: 22 Sep 2014
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2014
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Semantic Web,Ontologi,Purchasing

Abstract

Perkembangan teknologi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan informasi. Perkembangan teknologi mendorong semakin banyak informasi yang bisa didapatkan kapanpun dimanapun dan oleh siapapun dengan mudah, salah satunya dengan menggunakan teknologi internet. Namun ketersediaan informasi dalam jumlah banyak sering menimbulkan kesulitan karena informasi yang disajikan tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu dibutuhkan teknologi semantic web. Semantic web adalah teknologi yang dapat mengolah informasi ke dalam bentuk yang dapat dimengerti dan diinterpretasikan oleh perangkat lunak sehingga informasi yang disajikan kepada pengguna lebih tepat. Penerapan semantic web untuk industri yaitu dalam proses purchasing dapat membantu pengguna dalam mencari informasi mengenai raw material yang akan digunakan dalam proses produksi. Untuk mendapatkan hasil pencarian informasi yang tepat maka dalam penerapan semantic web diperlukan sebuah ontologi yang berfungsi sebagai metadata. Domain dari ontologi yang akan dibangun adalah purchasing industri sepeda yang nanti akan disimulasikan penggunaan ontologi dalam sebuah web simulator.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)