ANALISIS POLA ASOSIASI DAN SEKUENSIAL DATA REKAM MEDIS RSUD DR. H. SLAMET MARTODIRDJO PAMEKASAN DENGAN TEKNIK DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI

by Nilam Ramadhani,Badar Said


Date Published: 22 Sep 2014
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2014
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Sequential pattern,penggalian data,data rekam medis,association rule,apriori

Abstract

Tingkat kebutuhan layanan kesehatan masyarakat di RSUD Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan semakin hari kian meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk, perubahan cuaca yang tidak menentu, dan pola hidup masyarakat Madura. Hal ini akan berdampak pada peningkatan jumlah pasien yang dapat memengaruhi volume penyediaan pelayanan seperti tenaga medis, obat-obatan, fasilitas dan lain-lain. Untuk menanggulangi dampak tersebut, perlu perhitungan/estimasi yang lebih spesifik dengan memanfaatkan data rekam medis pasien secara berkala. Pemodelan data rekam medis pasien diperlukan untuk mendapatkan gambaran pola penyakit pasien. Keterkaitan pola penyakit yang diderita oleh pasien dapat diketahui dengan menerapkan algoritma data mining berbasis Apriori. Pada kedua metode atribut input yang digunakan adalah Pasien_ID, Tanggal_Periksa, dan Diagnosa_Penyakit. Data rekam medis yang dipakai adalah data pada tahun 2010, 2011, dan 2012. Dari serangkaian percobaan dengan penentuan jumlah minimum support yang digunakan, hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kurun waktu 3 tahun dapat diketahui pola penyakit yang diderita oleh pasien. Selain itu, dapat diketahui juga kisaran prosentase untuk masing-masing kasus penyakit yang terjadi. Hasil mining diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pihak managemen rumah sakit sebagai bahan kajian untuk menganalisis permasalahan dan kebutuhan terkait pasien yang berobat.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)