PENILAIAN RISIKO KEAMANAN INFORMASI MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECTS ANALYSIS DI DIVISI TI PT. BANK XYZ SURABAYA

by Innike Desy,Bekti Cahyo Hidayanto,Hanim Maria Astuti


Date Published: 22 Sep 2014
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2014
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Keamanan Informasi,Penilaian Risiko,Risiko Teknologi Informasi,Mitigasi Risiko,Metode FMEA

Abstract

Sebagai lembaga keuangan yang berkembang pesat dan memiliki aktivitas yang semakin beragam, Divisi TI PT. Bank XYZ Surabaya dihadapkan dengan risiko yang semakin kompleks. Risiko-risiko tersebut terkait dengan keamanan informasi, dimana informasi merupakan aset penting yang harus dilindungi keamanannya dari pihak yang tidak berwenang yang akan menggunakannya untuk kepentingan tertentu atau akan merusak informasi tersebut. Oleh karenanya, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya risiko tersebut maka dilakukan penilaian risiko. Untuk melakukan penilaian risiko pada penelitian ini menggunakan penerapan metode FMEA (Failure Mode & Effects Analysis), yaitu suatu metodologi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi kegagalan potensial, menentukan tingkatan resiko dari kegagalan dan skala prioritas untuk mengambil tindakan yang diperlukan. Makalah ini menghasilkan Risk Register, yaitu daftar analisis risiko yang dapat digunakan sebagai acuan oleh Divisi TI PT. Bank XYZ Surabaya dalam merumuskan tata kelola untuk melindungi keamanan informasinya.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)