Pengukuran Tingkat Kesiapan Penerapan E-Learning Menggunakan TRI (Technology Readiness Index), Studi Kasus: UIN SUSKA Riau

by Angraini,Dedet Suryadi


Date Published: 01 Mar 2015
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2015.03.003

Keywords: elearning,Teknologi,INDEX,kesiapan,pengguna

Abstract

Pengukuran tingkat kesiapan pengguna dalam menggunakan sebuah teknologi baru akan mempengaruhi tingkat keberhasilan penerapan teknologi tersebut. Kesiapan sebuah teknologi baru mempengaruhi pengguna untuk menggunakan teknologi, seperti yang terjadi pada e-learning UIN Suska Riau yang dikelola oleh Pusat Komputer UIN SUSKA (PUSKOM). metode yang dapat digunakan untuk mengukur kesiapan organisasi dalam menggunakan teknologi adalah technology readiness index (TRI). TRI merupakan indeks untuk mengukur kesiapan pengguna untuk menerima dan menggunakan teknologi baru untuk mencapai tujuan dalam kehidupan sehari-hari dan pekerjaan. Dimensi TRI yang digunakan dalam penelitian ini adalah optimism, inovatif, ketidaknyamanan, dan ketidakamanan. Dalam kuesioner selain menggunakan statistic deskriptif dan kriteria index Aydin Tascii. Dengan menggunakan kriteria indeks yang telah ditetapkan oleh Aydin Tascii, maka dapat ditentukan nilai tingkat kesiapan penerapan e-learning di fakutas Sains dan Teknologi adalah 3,36 yang artinya Not Ready, membutuhkan/memerlukan persiapan beberapa aspek untuk mencapai keberhasilan penerapan e-learning.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)