Penyusunan Perangkat Kontrol Kualitas Perangkat Lunak Berbasis ISO 25030, Studi Kasus: Aplikasi School Social Network (SSN)

by Ahmad Holil Noor Ali,Adrian Nugraha Putra,Anisah Herdiyanti


Date Published: 01 Mar 2015
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2015.03.014

Keywords: kontrol,kualitas,perangkat lunak,ISO 25030,school social network

Abstract

School Social Network (SSN) merupakan perangkat lunak untuk sekolah yang digunakan sebagai media interaksi antara guru, murid, dan pihak manajemen sekolah. Pada tahun 2013, pengembangan perangkat lunak telah melalui tahap uji coba dan telah dilengkapi dengan dokumentasi penjaminan kualitas sesuai dengan standar, Namun seperangkat kontrol untuk kepastian bahwa produk perangkat lunak telah memenuhi tujuan spesifikasi kebutuhan yang berkualitas, masih belum diterapkan. Kontrol kualitas belum dilakukan sehingga memungkinkan terjadinya permasalahan, mencakup: 1) ketidaksesuaian perangkat lunak yang dihasilkan dengan kebutuhan pengguna; 2) kurangnya pemahaman akan persyaratan kualitas perangkat lunak yang sangat penting untuk penggunaan sistem; 3) rentannya potensi terjadinya kesalahan pada perangkat lunak. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan sebuah perangkat kontrol kualitas yang dapat digunakan agar aplikasi SSN berkualitas sesuai dengan spesifikasi kebutuhannya. Pembuatan perangkat kontrol kualitas berangkat dari pendefinisian kontrol terhadap kualitas yang sesuai dengan standar ISO 25030 berfokus pada Software Quality Requirements dan menyesuaikan dengan studi kasus SSN. Kemudian perangkat kontrol kualitas disusun sesuai dengan kebutuhan dan verifikasi terhadap standar. Output dari penyusunan perangkat kontrol kualitas ini yaitu berupa dokumen yang terdiri dari 1 dokumen panduan, 1 dokumen kebijakan, 8 dokumen prosedur, dan 8 dokumen checklist.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)