Keywords: Twitter,bahasa Indonesia,KNIME,Nave Bayes
Twitter adalah salah satu media sosial microblogging dimana pengguna dapat mencari topic tertentu dan membahas isu-isu terkini. Beberapa pesan singkat atau tweet dapat memuat opini terhadap produk dan layanan yang dirasakan oleh masyarakat. Pesan ini dapat menjadi sumber data untuk menilai opini public melalui Twitter. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi klasifikasi opini yang menerapkan pendekatan Naïve Bayes untuk mengklasifikasikan kata-kata dan difokuskan pada tweet dalam bahasa Indonesia. Aplikasi ini kemudian diterapkan untuk mengklasifikasikan opini publik pada Twitter terkait layanan pemerintah terhadap masyarakat, berdasarkan sentimen positif, negatif atau netral. Data latih diperoleh melalui aplikasi platform KNIME Analytic dan sumber text diperoleh dari akun Twitter Dinas pemerintah Kota Bandung. Proses klasifikasi dilakukan melalui serangkaian tahapan seperti preproses (case folding, parsing, dan transformasi) serta proses klasifikasi itu sendiri.