SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BEASISWA PENDIDIKAN YAYASAN (STUDI KASUS STMIK ROYAL) DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT

by Safrian Aswati,Neni Mulyani,Yessica Siagian,Arridha Zikra Syah


Date Published: 02 Nov 2015
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2015
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Beasiswa,SAW,Yayasan,MADM

Abstract

Penelitian yang dilakukan pada STMIK Royal Kisaran dengan objek mahasiswa/i calon penerima beasiswa. Beasiswa diberikan untuk membantu mahasiswa/i dalam menempuh studinya. Ada beberapa beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa/i STMIK Royal kisaran diantaranya dari Yayasan, Kopertis dan dari instansi yang bekerja sama dengan STMIK Royal. Dalam penelitian ini dibahas mengenai pemberian beasiswa pendidikan dari Yayasan selaku pengelola STMIK Royal Kisaran. Untuk mempermudah dalam pengambilan keputusan dalam penentuan mahasiswa/i yang layak menerima beasiswa diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan yang menguji kriteria-kriteria sebagai salah satu syarat dalam penerimaan beasiswa. Kriteria ini diuji dengan menggunakan metode Fuzzy MADM (Multiple Attribute Decission Making) dengan metode Simple Addictive Weighting (SAW). Fuzzy MADM digunakan untuk mencari alternatif dari sejumlah alternatif dengan kriteria-kriteria tertentu. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perangkingan untuk menentukan alternatif yang diberikan. Proses penentuan beasiswa dengan Fuzzy MADM dapat mempercepat proses perangkingan, mengurangi kesalahan penentuan penerima beasiswa, dan membantu tim penyeleksi dalam menentukan penerima beasiswa.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)