SISTEM INFORMASI KEGIATAN AKADEMIK UNTUK AKREDITASI PROGRAM STUDI BERBASIS WEB STUDI KASUS PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN - IPB

by Siti Nurmiati,Haris Munandar


Date Published: 01 Mar 2016
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5 No 5
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2016.03.003

Keywords: Informasi,Teknologi,sistem,waterfall,akreditasi

Abstract

Salah satu kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi dalam bidang Pendidikan/Pengajaran, tidak terlepas daripada peran serta dari penggunaan teknologi informasi. Hal ini juga berdampak kepada muncul dan kecenderungan mahasiswa dan para alumni perguruan tinggi mendatangi lagi almamaternya, selain sekedar bertemu dengan para dosen semasa kuliah, sekedar bertemu dengan adik-adik kelasnya, namun kenyataannya yang ada saat ini para alumni mencari informasi mengenai peringkat akreditasi almameternya. Informasi mengenai peringkat akreditasi sangat diperlukan dikarenakan beberapa perusahaan atau instansi yang menampung para lulusan perguruan tinggi ini telah menjadikan peringkat akreditasi sebagai salah satu bagian/indikator untuk melihat kualitas para pencari kerja dengan melihat kondisi almamaternya terlebih dahulu, ini juga dapat dijumpai ketika para calon mahasiswa baru yang hendak memasuki suatu Perguruan Tinggi menanyakan mengenai peringkat akreditasi perguruan tinggi tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, untuk menentukan peringkat akreditasi suatu perguruan tinggi dalam hal ini program studi yang ada perlu dilakukan penilaian terhadap mutu peringkat akreditasinya dengan kapasitas penyelenggaraan program Tridharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Menentukan tingkat peringkat akreditasi dari suatu program studi tertentu didasarkan pada penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar-standar yang ditetapkan oleh BAN-PT. Bukti-bukti laporan tertulis yang diperlukan dan disiapkan oleh program studi yang akan diakreditasi, diverifikasi dan divalidasi melalui kunjungan atau asesmen lapangan oleh tim asesor. Untuk mengaplikasikan teknologi informasi dalam proses pelaksanaan kegiatan akreditasi program studi oleh asessor dan membantu serta memudahkan tim penyusun akreditasi, maka dibutuhkan suatu sistem komputerisasi. Dalam penelitian ini metodologi penelitian menggunakan waterfall, perancangan sistem menggunakan data flow diagram. Penelitian menghasilkan menu utama yang terdiri dari Menu Master terdiri dari Dosen dan Pegawai, Menu Kegiatan dan Menu Laporan.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)