PERENCANAAN STRATEGIS SI/TI DI PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN COBIT 5 DAN WARD AND PEPPARD (STUDI KASUS: UNIVERSITAS AIRLANGGA)

by Nur Abidin,Febriliyan Samopa


Date Published: 01 Mar 2016
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5 No 5
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2016.03.012

Keywords: Tatakelola TI,Strategi SI/TI,Kerangka kerja COBIT 5,Metode Ward dan Peppard.

Abstract

Bagi perguruan tinggi khususnya Universitas Airlangga, SI/TI bermain sebagai aspek yang sangat penting dalam menunjang proses pendidikan, penelitian, administrasi, dan layanan komunitas. Akan tetapi, penerapan teknologi informasi bagi organisasi khususnya perguruan tinggi akan bermanfaat jika penerapannya sesuai dengan tujuan, visi dan misi organisasi yang telah diterjemahkan ke dalam stretegi SI/TI. Sebagai pedoman dan arahan dari operasi SI/TI dalam setiap organisasi. Strategi sistem informasi memainkan peran yang sangat penting dalam pendidikan tinggi. Banyak proyek SI gagal karena kurangnya perencanaan. Makalah ini menyajikan hasil studi dari formulasi rencana strategis SI/TI bagi institusi pendidikan tinggi. Tahap perumusan strategi SI/TI dilakukan berdasarkan metodologi Ward & Peppard dan kerangka kerja COBIT 5. Dihasilkan sebuah rencana strategi SI/TI yang dibuat berdasarkan level kematangan sistem dan teknologi informasi di DSI Universitas Airlangga serta prioritas urutan pelaksanaan pekerjaan yang dibuat berdasarkan metode AHP. Kontribusi penelitian ini adalah portofolio aplikasi sistem dan teknologi informasi di DSI Universitas Airlangga.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)