SEGMENTASI TRAFO LISTRIK MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENDUKUNG EVALUASI KAPASITAS GARDU INDUK LISTRIK DI JAWA TIMUR

by Rully Agus Hendrawan,Amalia Utamima,Dyanika Ayu Savitri


Date Published: 01 Mar 2016
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 5 No 5
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2016.03.019

Keywords: Clustering,K-Means,Evaluasi Kapasitas

Abstract

Kenaikan jumlah energi listrik yang terjual menunjukkan bahwa kebutuhan listrik di Jawa Timur selalu mengalami peningkatan. Saat ini, peningkatan peningkatan beban puncak tidak sebanding dengan jumlah kapasitas terpasang. Resikonya beberapa daerah mengalami kekurangan pasokan listrik pada waktu tertentu. Peningkatan efektivitas penyaluran energi listrik ke seluruh daerah di Jawa Timur memerlukan evaluasi terhadap kondisi kapasitas gardu induk listrik yang terpasang. Evaluasi dilakukan supaya dapat memprioritaskan alokasi sumber daya dan tenaga untuk pengembangan kapasitas. Trafo-trafo gardu induk dikelompokkan berdasarkan kondisi dan karakteristiknya dengan menggunakan algoritma K-Means. Kelompok trafo gardu induk listrik ditampilkan pada peta sehingga memudahkan evaluasi kapasitas.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)