Penerapan Sistem Informasi Berbasis Enterprise Resource Planning Menggunakan SAP Modul Plant Maintenance di PT. Len Industri

by Dwi Pratama,Wahjoe Witjaksono,Nia Ambarsari


Date Published: 02 Sep 2016
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 6 No 1
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2016.09.003

Keywords: SAP,ERP,Pemeliharaan Mesin dan Peralatan Produksi,Metode ASAP

Abstract

Permasalahan kegiatan pemeliharaan mesin dan peralatan produksi yang terdapat pada PT. Len Industri (Persero) permasalahan yaitu tidak terdapatnya tempat penyimpanan riwayat kegiatan pemeliharaan dan notifikasi status ketersediaan mesin secara real time. Solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan sistem ERP yang menerapkan sistem database terpusat sehingga data tersimpan dengan baik dan kegiatan pemeliharaan dapat terintergrasi dengan bagian terkait. Salah satu vendor ERP yang menyediakan solusi untuk kegiatan pemeliharaan mesin adalah SAP dengan modul Plant Maintenance. Penerapan SAP ERP ini menggunakan metode ASAP dengan tahapan yaitu perumusan masalah, penentuan tujuan, analisis proses bisnis saat ini, analisis proses bisnis SAP ERP, analisis gap fit, analisis risiko, konfigurasi dan pengujian aplikasi. Berdasarkan konfigurasi dan pengujian sistem yang dilakukan, SAP ERP dapat diterapkan pada PT. Len Industri (Persero).


© 2018 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)