PARTMAPS : PENERAPAN TEKNOLOGI LOCATION BASED SERVICE DAN THREAT BUTTON PADA APLIKASI ANDROID

by Alvin Rahman Kautsar,Stezar Priansya,Achmad Affandi,Noptrina Puspitasari,Shaqillah Az-Zahra,Radityo Prasetianto Wibowo


Date Published: 01 Nov 2016
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2016
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Aplikasi Android,Layanan Berbasis Lokasi,Threat Button,Peta,Partner

Abstract

Berdasarkan sumber data Korlantas pada tahun 2014 menunjukkan bahwa terdapat lebih dari 20.000 kasus kecelakaan dan terdapat lebih dari 50.000 korban meninggal di jalan. Tingginya jumlah kecelakaan lalu lintas serta maraknya kasus kriminal yang terjadi di jalan menyebabkan terganggunya keamanan serta kenyamanan masyarakat dalam bepergian. Berangkat dari kebutuhan masyarakat tersebut maka dibuatlah sebuah rancang bangun aplikasi Partmaps (Partner Maps). Partmaps adalah Aplikasi Android dengan Layanan Berbasis Lokasi ( Location Based Service Application ) yang memungkinkan pengguna untuk mengakses peta perjalanan, posisi entiti secara realtime serta inovasi penggunaan Threat Button untuk mengirimkan notifikasi kepada sesama pengguna apabila terjadi ancaman bahaya seperti kecelakaan lalu lintas atau tindak kriminal dalam perjalanan. Dalam pembuatan sistem ini digunakan teknik pengembangan perangkat lunak secara prototyping dimana requirement diubah ke dalam working system yang secara terus menerus diperbaiki melalui kerjasama antara pengguna dan analis.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)