PEMBUATAN DOKUMEN SERVICE LEVEL REQUIREMENT, SERVICE LEVEL AGREEMENT DAN OPERATION LEVEL AGREEMENT PADA LAYANAN EMAIL ITS BERBASIS ITIL V3

by Tony Dwi Susanto,Eko Wahyu Tyas Darmaningrat,Amrina Friska Apriliana


Date Published: 01 Nov 2016
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2016
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Good University Governance,Service Level Requirement,Service Level Agreement,Operational Level Agreement

Abstract

Layanan merupakan sarana untuk mendatangkan nilai, tidak peduli bagaimana organisasi tersebut mendefinisikan layanan. Peningkatan kualitas layanan IT menjadi sebuah kebutuhan dan sebuah tuntutan di setiap instansi pelayanan publik mengingat peran TIK yang semakin tinggi dalam peningkatan kualitas layanan SI/TI untuk memenuhi Good University Governance. Layanan email ITS merupakan salah satu layanan dari Layanan Teknologi Sistem Informasi ITS yang diperuntukkan untuk semua civitas akademik ITS dan untuk proses autentifikasi untuk penggunaan fasilitas yang disediakan oleh ITS. Untuk membuat layanan email ITS yang baik, perlu adanya target layanan dalam kontrak antara pengguna layanan dan penyedia layanan, selain itu kontrak tersebut diperlukan untuk jaminan peningkatan kualitas yang disepakati oleh penyedia layanan dan pengguna layanan yang merupakan pengguna layanan email ITS Surabaya. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah produk layanan SI/TI yaitu Service Level Requirement, Service Level Agreement dan Operational Level Agreement pada layanan email ITS Surabaya, dengan dilakukan wawancara dan observasi terhadap pengguna dan pihak penyedia layanan email ITS Surabaya maka dibuatlah dokumen Service Level Requirement, Service Level Agreement dan Operational Level Agreement berbasis ITIL V3.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)