FAKTOR – FAKTOR PENENTU MOTIVASI DAN DEMOTIVASI MAHASISWA SISTEM INFORMASI (STUDI KASUS: UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA)

by Halim Budi Santoso,Jong Jek Siang


Date Published: 01 Nov 2016
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2016
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: sistem informasi,Motivasi Pembelajaran,Penilaian Akademik,Tabulasi Silang

Abstract

Data akademik Program Studi Sistem Informasi Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta semester 1 pada tahun akademik 2014 / 2015 menunjukan bahwa IP rata – rata semester 1 adalah 2.1. Selain itu, IPK angkatan dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Hal ini tentunya menjadi perhatian bagi para civitas akademik di program studi Sistem Informasi. Dari permasalahan tersebut, di lakukan penelitian terkait dengan motivasi mahasiswa. Pertanyaan diajukan kepada mahasiswa sistem informasi. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode tabulasi silang untuk mengolah data tersebut. Dari hasil analisa, di dapatkan bahwa faktor yang membuat mahasiswa termotivasi dalam melakukan pembelajaran adalah dorongan orang tua / keluarga untuk segera lulus. Sedangkan untuk faktor yang menghambat motivasi adalah mahasiswa merasa salah jurusan. Dari penelitian ini, di dapatkan pula bahwa kelompok matakuliah Pemrograman Dasar merupakan kelompok matakuliah yang dirasakan paling sulit oleh mahasiswa.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)