ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT PENGGUNA UNTUK MENGGUNAKAN APLIKASI DAFTAR ONLINE RUMAH SAKIT (STUDI KASUS: RSUD GAMBIRAN KEDIRI)

by Esti Widyapraba,Tony Dwi Susanto,Anisah Herdiyanti


Date Published: 01 Nov 2016
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2016
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: E-health,Aplikasi Daftar Online Rumah Sakit,Yung-Zung Chang Model,SmartPLS

Abstract

Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) telah membuat perubahan besar dalam kehidupan manusia termasuk di bidang kesehatan. Penggunaan TIK untuk tujuan kesehatan dikenal sebagai e - health. RSUD Gambiran Kediri merupakan salah satu rumah sakit yang memiliki e-health yang perlu dikaji dalam penggunaannya. Salah satu aplikasi e-health adalah Aplikasi Daftar Online Rumah Sakit (ADORS). Sebelum menerapkan aplikasi ADORS perlu dilakukan analisis untuk melihat kesiapan penerimaan dan adaptasi pengguna, agar dapat diimplementasikan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan faktor-faktor utama yang mempengaruhi niat pengguna untuk menggunakan ADORS atas dasar Model Yung - Zung Chang. Pengujian model dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil dan temuan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna dalam menggunakan ADORS serta rekomendasi sebagai upaya untuk peningkatannya. Faktor perceived service availability berpengaruh positif terhadap perceived ease of use. Perceived ease of use berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived usefulness. Perceived usefulness dan subjective norm berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention to use.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)