APLIKASI HALFTONE QR-CODE DENGAN METODE ORDERED DITHERING

by Stefanus,Tony,Teny Handhayani


Date Published: 01 Nov 2016
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2016
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: QR-code,Halftone,Halftoning,Ordered Dithering,Pattern Assignment,QR-Code Generator,Zxing,Massagingtoolkit-Qrcode

Abstract

Rancangan yang akan dibuat adalah berupa aplikasi perangkat lunak yang menerima input citra yang akan diproses menjadi Halftone QR-Code. Halftone QR-Code adalah gabungan citra QR-Code dan citra halftone yang dapat dikenali oleh QR-Code Scanner. Citra QR-Code di-generate menggunakan Library Massagingtoolkit-qrcode dengan menginput teks alphanumerik degan variasi versi QR-Code 5 , 7 dan 10. Citra input akan diproses menjadi citra halftone dengan metode Ordered Dithering dengan variasi matriks dither 4 x 4 dan 8 x 8. Citra QR-Code dan citra halftone akan diproses menjadi Halftone QR-Code menggunakan metode Pattern Assignment. Output yang dihasilkan oleh aplikasi Halftone QR-Code diuji dengan Library QR-Code Zxing dan aplikasi Android Barcode Scanner. Rata-rata tingkat keberhasilan keseluruhan dengan skenario pengujian Library QR-Code Zxing sebesar 94,28 %. Rata-rata tingkat keberhasilan keseluruhan dengan skenario pengujian aplikasi Android Barcode Scanner dan QR dari layar laptop dan hardcopy masing-masing sebesar 99,52 % dan 62,85 %.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)