Analisis Titik Kritis Keberhasilan (CSFs) dan Indikator Kinerja (KPI) Pada Proses Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP)

by Sandfreni


https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2017.01.002
Under a Creative Commons license


Date Published: 01 Jan 2017
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 6 No 2
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Enterprise Resource Planning (ERP),Critical Success Factors (CSF),Teknologi Informasi (TI),Key Perfomance Indicator (KPI)

Abstract

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa berskala besar, medium ataupun kecil yang berperan untuk mengintegrasikan dan mengotomatisasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di suatu perusahaan. Ada cerita sukses atau gagal yang menyertai diterapkannya ERP pada sebuah perusahaan. Oleh karena itu perlu diketahui faktor-faktor kritis (Critical Succes Factors/CSFs) apa yang harus diperhatikan saat dipilihnya model sistem ERP tersebut oleh pihak perusahaan. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai beberapa faktor-faktor kritis (CSFs) dalam menerapkan ERP yaitu manajemen proyek, manajemen perubahan dan keberhasilan proyek dimana akan diukur dengan suatu indikator kinerja (Key Perfomace Indicator/KPI). Metode penelitian untuk mendapatkan hasil berupa pembahasan hubungan CSF dan KPI dalam proses penerapan ERP yang dapat menggambarkan keberhasilan manajemen proyek, manajemen perubahan dan keberhasilan proyek di beberapa perusahaan SME.