Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Data Siswa Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI 8 Medan dengan Zachman Framework

by Safrian Aswati,Ada Udi Firmansyah,William Ramdhan,Suhendra
( Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember )

Date Published: 03 May 2017
Published In: Jurnal SISFO : Inspirasi Profesional Sistem Informasi
Volume: Vol 6 No 3
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: siswa,framework,Zachman,PGRI 8 Medan

Abstract

Ketika dilakukan penelitian pada SMK PGRI 8 Medan dalam pengolahan data siswa yang aktif/tidak aktif dan data jurusan siswa diolah dengan program aplikasi MS. Excel yang menyulitkan dalam pencarian data dan menghasilkan informasi yang tidak akurat tentang siswa aktif dan tidak aktif serta data siswa/jurusan. Tidak hanya itu saja, duplikasi data juga sering terjadi dikarenakan tidak adanya kunci untuk pencegah duplikasi data. Dalam penelitian ini penulis merancang sistem informasi yang dapat melakukan pengolahan data siswa dengan baik. Sistem informasi yang dirancang menggunakan Zachman Framework yang dapat memberikan proses yang kompleks sesuai dengan petunjuk dan langkah yang jelas. Area kerangka kerja dalam Zachman meliputi perspektif planner, perspektif owner dan perspektif designer yang dipetakan. Dalam framework ini nantinya akan menghasilkan arsitektur data yang didesain dalam bentuk entity relationship diagram, class diagram, activity diagram dan use case, arsitektur teknologi serta perancangan antar muka untuk interface dari sistem informasi yang dibuat.


© 2017 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)