EVALUASI USABILITAS DAN ANALISIS PENGALAMAN PENGGUNA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS SISTEM MANAJEMEN PENGETAHUAN KOMODITAS KEDELAI UNTUK PENYULUH

by Auzi Asfarian,Fahmi Solahudin,Sri Wahjuni,Yani Nurhadryani,Firman Ardiansyah,Dean Apriana Ramadhan


Date Published: 30 Nov -0001
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2017
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: sistem manajemen pengetahuan,kedelai,penyuluh,usabilitas,pengalaman pengguna

Abstract

Permintaan kedelai yang tinggi di masyarakat tidak diiringi dengan kemampuan produksi petani kedelai. Hal ini disebabkan oleh masih sedikitnya petani yang melakukan intensifikasi produksi kedelai serta masih minimnya pengetahuan petani dalam mengendalikan hama dan penyakit yang menyerang tanaman kedelai. Institut Pertanian Bogor sedang mengembangkan sistem manajemen pengetahuan komoditas kedelai untuk dimanfaatkan oleh penyuluh. Karena masih dalam tahap pengembangan, diperlukan uji usabilitas dan analisis pengalaman pengguna untuk mendapatkan kualitas sistem dapat digunakan dengan baik oleh penyuluh. Penelitian ini menyempurnakan sistem manajemen pengetahuan kedelai yang dikembangkan penelitian sebelumnya. Kemudian, dilakukan evaluasi usabilitas dengan menggunakan questionnaire for user interface satisfaction dan analisis pengalaman pengguna menggunakan five act interview dari metode design sprint. Dari hasil penyempurnaan dan evaluasi di penelitian ini, terdapat kenaikan skor efisiensi dari 3.4 ke 3.9 dan kenaikan skor kepuasan dari 3.7 ke 3.9. Hasil analisis pengalaman pengguna telah dilakukan dan berhasil menggali kebutuhan penyuluh dengan lebih baik dan dapat dimanfaatkan untuk penelitian berikutnya.


© 2021 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)