PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PENCATATAN ASET BERBASIS WEB (STUDI KASUS: KANTOR PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH KOTA SALATIGA)

by Fani Kristiani,Melkior Sitokdana,Agustinus Fritz Wijaya


Date Published: 30 Nov -0001
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2017
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: sistem informasi,web,manajemen pencatatan aset,perpustakaan.

Abstract

Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Salatiga sebagai salah satu perpustakaan yang cukup besar di Salatiga bertanggung jawab untuk mengawasi, menghimpun dan memberi bantuan kepada perpustakaan-perpustakaan lainnya seperti perpustakaan umum, khusus, sekolah dan perpustakaan masyarakat. Sebagai perpustakaan umum terdapat berbagai aset, baik yang berwujud maupun tidak berwujud, namun dalam proses manajamen aset dijumpai ketidakefisienan dan ketidakefektifan proses bisnisnya karena masih melakukan pencatatan secara manual. Untuk itu peranan teknologi informasi sangat diperlukan untuk mempermudah proses pencatatan, pendokumentasian dan pelaporan. Atas dasar masalah tersebut maka dilakukan penelitian tentang Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pencatatan Aset Berbasis Web.Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem protyping, perancangan sistem menggunakan UML dan pembangunan sistemnya menggunakan bahasa pemograman PHP dan database-nya Mysql. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode black box dengan memeriksa fungsional sistem berjalan sesuai dengan yang diharapkan.


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)