PENGARUH PERUBAHAN KURIKULUM TERHADAP KORELASI IP TAHUN PERTAMA DAN IPK STUDI KASUS: PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI UKDW

by Jong Jek Siang,Halim Budi Santoso


Date Published: 30 Nov -0001
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2017
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: korelasi,indeks prestasi,keberhasilan studi,koefisien determinasi

Abstract

Program Studi Sistem Informasi Universitas Kristen Duta Wacana memiliki 2 kurikulum yang telah diterapkan, yaitu kurikulum lama (2005 – 2009) dan kurikulum berbasis kompetensi (2010-2015). Memiliki lulusan dengan IPK tinggi tentu menjadi salah satu yang diharapkan oleh semua pihak yang terlibat di dalam proses pendidikan. Sebaliknya, pengelola institusi pendidikan harus dapat mengantisipasi lulusan dengan IPK rendah. Program studi sistem informasi memiliki tingkat rata – rata mahasiswa drop out 20,3%. Untuk mengantisipasi mahasiswa drop out dan dengan IPK rendah, diperlukan suatu kajian korelasi antara IP semester 1 dan 2 dengan IPK. Di dalam penelitian ini, metode korelasi digunakan untuk melihat keterkaitan antara IPK dan IPS, baik untuk kurikulum lama dan kurikulum baru. Selain itu, di dalam penelitian ini juga dilakukan evaluasi apakah ada pengaruh perubahan kurikulum lama dengan KBK terhadap tingkat korelasi tersebut. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang berasal dari lulusan 2005-2012. Hasil penelitian menunjukan tingkat korelasi IPK dengan IP semester 1 dan 2 sebesar 0.808 – 0.936 dengan koefisien determinasi 65.2% - 87.3%. Selain itu, ditemukan pula bahwa korelasi dan koefisien determinasi pada lulusan dengan kurikulum KBK sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan kurikulum lama.


© 2021 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)