ANALISA KUALITAS LAYANAN SIKDA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN METODE SERVQUAL (STUDI KASUS: DINAS KESEHATAN KABUPATEN KAMPAR)

by Nurmaini Dalimunthe,M. Mabrur,Saide


Date Published: 30 Nov -0001
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2017
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: kepuasan pengguna,service quality dan SIKDA generik.

Abstract

Dinas Kesehatan Bangkinang adalah salah satu dinas yang berada di Kabupaten Kampar saat ini. Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar menerapkan SIKDA Generik di Puskesmas pada tahun 2014. Adapun yang menggunakan SIKDA Generik berjumlah 21 Puskesmas. Berdasarkan hasil survey di Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, pengguna SIKDA Generik ini adalah pegawai Puskesmas yang terdiri atas 5 orang. Didalam penerepan SIKDA Generik masih ada terdapat permasalahan diantaranya: sering terjadi kesalahan perhitungan obat mengenai jumlah obat yang terpakai, arus listrik yang lemah tidak sesuai dengan kapasitas pemakaian, admin SIKDA Generik tidak bisa menghapus data ganda/salah, ketidak setabilan jaringan pada SIKDA Generik, kapasitas penyimpanan data ke SIKDA Generik terbatas. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode servqual untuk menganalisis layanan SIKDA Generik terhadap kepuasan pengguna menggunakan 5 dimensi yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Data diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner. Hasil yang diperoleh bahwa pengguna SIKDA Generik belum merasa puas terhadap layanan yang diberikan yaitu sebesar -0,09%. Berdasarkan hasil variabelnya nilai kesenjangan tertinggi berada pada dimensi Assurance, sebesar -0,98% dan kesenjangan terendah berada pada dimensi responsiveness sebesar -0,1%


© 2024 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)