Metode Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI) untuk Audit Tata Kelola Teknologi Informasi

by Ahmad Fitriansyah,Hary Budiarto,Joko Santoso
( Prodi Teknik Informatika STMIK Eresha )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: tata kelola TIK,Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI)

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Denpasar, yang menyelenggarakan fungsi pelayanan publik terhadap pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Kota Denpasar dalam memenuhi pelayanan yang cepat dan akurat senantiasa mengembangkan Teknologi Informasi untuk mendukung kepuasan pelayanan kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan Teknologi Informasi yang sudah dilaksanakan oleh PDAM Kota Denpasar dengan menggunakan pendekatan Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI). Pengukuran dengan melihat hasil index atau skor dari penilaian lima dimensi penilaian yaitu kebijakan, kelembagaan, infrastruktur, aplikasi dan perencanaan. Masing-masing dimensi tersebut memiliki bobot yang sama dalam penilaian karena semuanya penting, saling terkait dan saling menunjang antara satu dengan yang lainnya. Penelitian dilakukan berdasarkan studi kasus (case study) dengan pendekatan penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mengkaji persoalan secara mendalam (in depth) dan menyeluruh (holistic). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan pendekatan PeGI. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan Teknologi Informasi di PDAM Kota Denpasar secara umum sudah tergolong baik yaitu ditunjukkan dengan hasil rata-rata dari 5 dimensi PeGI mendapatkan nilai 2,72. Kelemahan terjadi pada dimensi kebijakan dan perencanaan. Sedangkan untuk dimensi kelembagaan, infrastruktur dan aplikasi sudah pada level baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas, untuk meningkatkan peringkat PeGI PDAM Kota Denpasar, beberapa rekomendasi perbaikan diantaranya : Penyusunan RITI, Pelembagaan unit PDE dan Penyusunan Disaster Recovery Plan serta perlunya dukungan pihak manajemen PDAM Kota Denpasar dalam mendorong pemanfaatan TIK dalam segala aspek kerja, misalnya dengan memberikan porsi anggaran yang lebih besar untuk program-program kerja pengembangan pemanfaatan TIK.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)