Perencanaan Strategis Sistem Informasi Berbasis Zachman Framework pada DISNAKERTRANS Provinsi Jawa Barat

by Rosa Lestari Fardani,Rizki Elisa Nalawati
( Teknik Informatika Fakultas Informatika Institut Teknologi Telkom, Teknik Informatika Fakultas Informatika Institut Teknologi Telkom )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: zachman framework,perancangan sistem informasi,Disnakertrans

Abstract

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Barat adalah instansi yang bertugas untuk melaksanakan urusan Pemerintahan Daerah di bidang Tenaga Kerja dan Transmigrasi berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan untuk Provinsi Jawa Barat. Proses bisnis yang dilakukan Disnakertrans Provinsi Jawa Barat tidaklah sederhana sehingga diperlukan adanya implementasi sistem informasi yang baik. Dalam mengimplementasikan sistem informasi ini diperlukan perencanaan strategis sistem informasi untuk mengidentifikasi strategi dan teknologi apa yang akan digunakan sistem informasi tersebut sesuai dengan visi, misi serta kebutuhan Disnakertrans. Framework yang digunakan dalam menyusun perencanaan strategis sistem informasi di lingkungan organisasi Disnakertrans Provinsi Jawa Barat adalah Zachman Framework yang merupakan salah satu cara kerja dari pemodelan enterprise architecture yang dapat mendefinisikan fungsi perancangan sistem informasi yang lengkap dari berbagai subjek dan perspektif. Kerangka kerja Zachman terdiri dari matriks 6x6 yaitu enam baris dan enam kolom yang memiliki 36 sel yang merepresentasikan deskriptif dari arsitektur enterprise berdasarkan perspektif dan absraksinya.. Hasil dari perencanaan strategis sistem informasi Disnakertrans Provinsi Jawa Barat yang disusun dengan menggunakan Zachman Framework dengan metode Pereira dan Sousa dipetakan dalam bentuk tabel framework perancangan strategis sistem informasi Disnakertrans Provinsi Jawa Barat.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)