Rekomendasi Kebutuhan SDM Teknologi Informasi Menggunakan ICBHRM dan RACI Chart Cobit 4.1

by Immanuel,Harlili,Tiur Gantini
( Program Studi Magister Informatika STEI Institut Teknologi Bandung, Program Studi Magister Informatika STEI institut teknologi Bandung, Program Studi D3 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: SDM TI,soft competency,hard competency

Abstract

Penelitian ini merupakan rekomendasikan bagi kebutuhan kompetensi SDM (sumber daya manusia) teknologi informasi (TI). Penelitian dimulai dengan melakukan tinjauan pustaka mengenai perkembangan model SDM dan SDM TI, peran dan tanggung jawab serta kompetensi yang terdiri dari soft dan hard competency. Langkah berikutnya dilakukan analisis kebutuhan kompetensi dengan menggunakan ICBHRM, Bagan Standar Organisasi TI dan RACI Chart pada Cobit 4.1. Penelitian ini memilih untuk melakukan observasi dan survei dengan menggunakan metode kuesioner yang teruji. Observasi dilakukan untuk mengetahui setiap bagian yang ada di dalam bagan organisasi TI , sedangkan survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pimpinan Universitas X . Hasil rekomendasi kompetensi SDM TI adalah 13 soft competency dan 28 dimensi soft competency, dan 46 hard competency.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)