Pengembangan Sistem Pembayaran Elektronik Menggunakan Kode QR Berbasis Android

by Mochammad Hafiz Anshori,Febriliyan Samopa,Hatma Suryotrisongko
( Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: koperasi,mobile payment,QR

Abstract

Koperasi memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan nasional karena dapat mengembangkan kesejahteraan masyarakat khususnya di pedesaan. Namun kebanyakan koperasi saat ini masih mengunakan cara konvensional. Proses ini dinilai lambat karena pencatatan masih menggunakan kertas dan tidak efektif. Sementara itu perkembangan teknologi QR code semakin pesat. Penggunaan kode QR pada sistem pembayaran elektronik memberikan dua keunggulan, yaitu faktor otentifikasi dan respon cepat. Enkripsi pada kode QR dapat meningkatkan keamanan dalam bertransaksi. Q-Pay merupakan sebuah aplikasi mobile berbasis android dimana pada aplikasi ini memiliki fungsi untuk melakukan pencatatan informasi dan transaksi pembelian pada aplikasi toko serta memiliki fungsi sebagai alat pembayaran pada aplikasi konsumen. Dengan mendaftarkan diri pada website payment gateway, konsumen nantinya dapat menikmati transaksi dengan nyaman dengan aplikasi Q-Pay. Teknologi Q-Pay sendiri menggunakan wso2 carbon sebagai penghubung antara aplikasi mobile dengan server payment gateway. Dibangun dengan pemrograman java berbasis android serta menggunakan teknologi zxing (zebra crossing) sebagai pemindai dan melakukan generalisasi data menjadi sebuah kode QR (Quick Response). Pada fitur keamanan data, Q-Pay menerapkan metode enkripsi AES-256 dengan modifikasi enkripsi bertingkat (Triple AES). Modifikasi ini dilakukan agar terhindar dari adanya upaya pencurian data transaksi. Penulis menerapkan teknologi QR ini dalam pembuatan aplikasi Q-Pay. aplikasi ini memodifikasi sistem pembayaran mobile yang mengacu pada penelitian sebelumnya dan disesuaikan dengan keadaan koperasi di lapangan. Aplikasi ini memberikan keamanan dan kenyamanan lebih dalam transaksi mobile tanpa harus terkoneksi dengan internet.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)