Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Akademik ITS Menggunakan Kerangka Kerja Whyte & Bytheway dan Servqual

by Mudjahidin Mudjahidin,Yogi Agra Wiryawan
( Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Jurusan Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Evaluasi Implementasi SI,Servqual,Whyte & Bytheway,Sistem Informasi Akademik,Analisis Kesenjangan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi secara signifikan memberikan dampak terhadap setiap lapisan kehidupan masyarakat, baik secara individu maupun organisasi yang menyebabkan investasi teknologi informasi menjadi hal yang penting. Sistem Informasi Akademik (Siakad) ITS dikembangkan dengan tujuan untuk mengakomodasi kebutuhan proses administrasi akademik di ITS. Namun, seiring dengan pentingnya peranan dari sistem, evaluasi terhadap efektivitas dari pemanfaatan sistem tersebut masih minim. Sehingga, timbul kebutuhan untuk melakukan pemantauan untuk memastikan efektivitas dari fungsi Siakad tersebut melalui evaluasi yang sistematis. Metodologi yang dapat digunakan untuk melakukan kajian efektivitas terhadap sistem informasi adalah dengan evaluasi yang didasarkan pada kerangka kerja Whyte & Bytheway. Kerangka kerja ini kemudian dikombinasikan dengan metode Servqual (Service Quality) dan dianalisis menggunakan model analisis kesenjangan kualitas layanan. Dengan melakukan evaluasi terhadap Siakad ITS, diharapkan informasi akan tingkat pencapaian tujuan dan tingkat kesenjangan dari harapan dan persepsi pengguna sistem tersebut dapat tersingkap dan akan dapat memunculkan rekomendasi yang dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas dari sistem tersebut pada masa mendatang.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)