Pembangkitan Skenario dan Data Uji Performansi dan Kapasitas Situs Web Terotomasi Multi Agen dengan Metode Back Propagation

by Gede Karya
( Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Universitas Katolik )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: pembangkitan skenario/data uji performansi web,metode back propagation,mod_security

Abstract

Untuk memastikan qualitas suatu perangkat lunak aplikasi web, diperlukan uji kualitas. Agar layak operasi, pengujian aspek fungsional saja tidak cukup, tapi juga aspek non fungsional, khususnya aspek performansi, kapasitas dan reliabilitas. Pada pengujian non fungsional, selain memerlukan alat uji, juga memerlukan skenario/data/trafik ekstrim/peak yang mewakili kondisi sesungguhnya. Untuk itu, pada penelitian ini kami mengembangkan teknik untuk membangkitkan skenario dan data uji performansi aplikasi web menggunakan metode back propagation. Metode ini dapat diimplementasikan pada Apache Web Server menggunakan mod_security dengan mode audit, yang memungkinkan mengekstrak jejak request HTTP dari user secara lengkap. Hasil pengujian menunjukkan bahwa metode ini cukup efektif diterapkan.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)