Aplikasi Multimedia Interaktif Berbasis Konsep Open World dalam Pengenalan Dasar Kosakata Bahasa Mandarin

by Hanny Haryanto,Sugiyanto,Andik Setyono
( Fakultas Ilmu Komputer Universiats Dian Nuswantoro, Fakultas Ilmu Komputer Universiats Dian Nuswantoro, Fakultas Ilmu Komputer Universiats Dian Nuswantoro )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: multimedia,interaktif,pendidikan,openworld,kosakata,bahasa mandarin.

Abstract

Multimedia interaktif adalah salah satu teknologi komputer yang paling berkembang saat ini yang umumnya diaplikasikan dalam bidang hiburan. Kelebihan yang dimiliki olehnya terutama pada aspek interaktifitas yang menekankan keaktifan dan pengalaman dari penggunanya menyebabkan multimedia interaktif mulai digunakan juga di bidang pendidikan sebagai sarana pembelajaran alternatif. Pengalaman yang diberikan kepada pengguna merupakan faktor vital dalam pemahaman materi yang diberikan. Konsep openworld mengijinkan kebebasan untuk pengguna dalam menjelajah lingkungan virtual. Hal ini mendukung konsep belajar yang lebih menekankan pengalaman dalam pembelajaran. Materi yang diberikan di dalam aplikasi ini adalah pengenalan dasar kosakata Bahasa Mandarin disebabkan karena Bahasa Mandarin merupakan materi yang sulit dikuasai dan merupakan salah satu bahasa internasional selain Bahasa Inggris. Penelitian ini membahas tentang penggunaan konsep openworld dalam multimedia interaktif untuk pengenalan dasar kosakata Bahasa Mandarin.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)