Pengembangan Aplikasi Multimedia Pengenalan Pemanasan Global dan Solusinya Menggunakan Pendekatan ADDIE

by Sukenda,Falahah Suprapto,Fubian Lathanio
( Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Widyatama, Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Widyatama, Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Widyatama )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: multimedia,ADDIE,pembelajaran,games,pemanasan global

Abstract

Media pembelajaran berbasis multimedia sangat populer digunakan karena dianggap dapat membantu penyampaian materi menjadi lebih menarik dan memancing pengguna untuk belajar secara mandiri. Teknik dan pendekatan pembuatan media pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada metode ADDIE, aplikasi pembelajaran berbasis multimedia dikembangkan menurut siklus hidup tertentu dan menyertakan tinjauan terhadap aspek kognitis atas konten aplikasi yang dikembangkan. Penelitian yang dilakukan bersifat eksploratori karena pengembangan aplikasi ini tidak berdasarkan permintaandari pihak pengguna melainkan berdasarkan inisiatif pengembang. Sebagai studi kasus, konten pembelajaran yang dipilih yaitu tentang isu pemanasan global dan solusinya. Pengujian tingkat kesesuaian antara konten aplikasi dengan ekspektasi pengguna dilakukan melalui survey dengan penyebaran kuisioner. Hasil akhir penelitian ini adalah dibangunnya aplikasi pembelajaran berbasis multimedia yang dilengkapi dengan game edukatif. Aplikasi yang sudah dibangun kemudian diujikan kepada 20 pengguna untuk melihat respon terhadap konten aplikasi. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna menyukai menggunakan aplikasi tersebut dan dapat memahami konten pembelajaran yang disediakan aplikasi.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)