Aplikasi Mobile Learning pada D3 Unggulan Universitas Budi Luhur

by Achmad Solichin,Gatot Wicaksono
( Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur, Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: pembelajaran,elearning,mobile learning,universitas

Abstract

Proses pembelajaran yang diterapkan di program D3 Unggulan Universitas Budi Luhur, telah menggunakan metode pembelajaran berbasis elektronik atau dikenal dengan elearning sejak tahun 2006 yang menggabungkan proses pembelajaran tatap muka di kelas dan elearning. Namun demikian, saat ini masih terdapat kendala saat pengguna aplikasi elearning baik dosen dan mahasiswa harus melakukan pembelajaran namun sedang tidak berada di depan komputer. Aplikasi yang tersedia tidak tidak dirancang secara khusus untuk perangkat mobile, sehingga kurang nyaman dibuka menggunakan perangkat mobile.Pada penelitian ini dirancang suatu aplikasi pembelajaran berbasis mobile atau mobile learning yang ditujukan untuk membantu proses pembelajaran yang terjadi antara dosen dan mahasiswa. Penelitian ini menghasilkan rancangan aplikasi mobile learning yang terdiri dari fungsi utama pembelajaran yaitu manajemen quiz (ujian), unggah materi, chatting dan proses penilaian. Dengan aplikasi hasil penelitian ini, dosen dan mahasiswa dapat melakukan proses pembelajaran dengan lebih nyaman walaupun menggunakan perangkat mobile.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)