Aplikasi Pemanfaatan Barcode untuk Transaksi di Perpustakaan SMAN 18 Kabupaten Tangerang

by Oleh Soleh,Dede Sopiyan,Vicco Ristiandana,Ahmad Zaeni
( Program Studi Sistem Informasi STMIK Raharja, Program Studi Sistem Informasi STMIK Raharja, Program Studi Sistem Informasi STMIK Raharja )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Aplikasi,barcode,otomatisasi,perpustakaan

Abstract

Penerapan Teknologi Informasi saat ini telah menyebar hampir di semua bidang tidak terkecuali di perpustakaan. Kebutuhan akan Teknologi Informasi sangat berhubungan dengan peran dari perpustakaan sebagai kekuatan dalam pelestarian dan penyebaran informasi ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Pelayanan dan pengarsipan data buku di perpustakaan yang bersifat manual mengakibatkan lambatnya pelayanan dan kurang akuratnya informasi data buku yang ada. Untuk mengatasi masalah di atas maka diperlukan sebuah sistem otomatisasi perpustakaan yang mampu memberikan layanan dalam transaksi perpustakaan yang cepat, akurat dan efisien. Tujuan sistem otomatisasi perpustakaan ini untuk mengoptimalkan layanan perpustakaan dalam memberikan layanan baik dalam transakasi peminjaman dan pengembalian buku, input data buku baru maupun dalam pencarian buku. Sistem otomatisasi perpustakaan ini dibuat dengan memanfaatkan barcode scanner sebagai alat untuk membantu dalam proses semua transaksi di perpustakaan. Pada penelitian ini penulis menerapkan desain penelitian eksploratori yaitu dengan mengumpulkan data dan informasi sebanyak-banyaknya serta melakukan penelitian secara mendalam mengenai sistem perpustakaan. Desain penelitian eksploratori ini juga didukung dengan metode penelitian berupa metode observasi, wawancara, study literature, analisa sistem dan perancangan sistem. Sistem ini dirancangdengan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta database MySQL. Banyak manfaat dan keuntungan dalam penggunaan barcode scanner diantarnya yaitu proses input data lebih cepat karena barcode scanner dapat membaca atau merekam data lebih cepat dibandingkan dengan melakukan proses input data secara manual, proses input data lebih tepat karena teknologi barcode mempunyai ketepatan yang tinggi dalam pencarian data dan penelusuran informasi data lebih akurat karena teknologi barcode mempunyai akurasi dan ketelitian yang sangat tinggi.Adapun hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah sistem aplikasi perpustakaan yang bersifat otomatisasi dengan memanfaatkan barcode scanner sehingga mempermudah segala transaksi pada perpustakaan.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)