Penerapan Goal Oriented Requirements Engineering (GORE) Model (Studi Kasus: Pengembangan Sistem Informasi Penjaminan Mutu Dosen (SIPMD) pada Institusi Pendidikan Tinggi)

by Fransiskus Adikara,Benhard Sitohang,Bayu Hendradjaya
( Rekayasa Perangkat Lunak dan Database STIE Institut Teknologi Bandung )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: rekayasa kebutuhan berorientasi tujuan (goal oriented requirements engineering / GORE),pengembangan sistem informasi

Abstract

Rekayasa kebutuhan merupakan tahapan awal dalam sebuah proses pengembangan sistem informasi yang perlu dilakukan untuk mendapatkan sistem informasi yang berkualitas. Ada beberapa metode goal oriented requirements engineering (GORE) yang digunakan seperti KAOS dan rekayasa kebutuhan yang didasarkan pada proses bisnis. Pada makalah ini kedua metode tersebut akan digunakan pada sebuah pengembangan Sistem Informasi Penjaminan Mutu Dosen (SIPMD), yaitu sistem informasi untuk survey, analisis dan pelaporan di kantor penjaminan mutu di sebuah institusi pendidikan. Kedua metode akan digunakan untuk memodelkan kebutuhan yang dikumpulkan dan digali dari para stakeholder dengan langkah-langkah yang telah dijabarkan pada penelitian sebelumnya dan kemudian hasilnya akan dibahas dari sisi kelebihan dan kekurangannya sehingga pada akhirnya dapat menggambarkan hal-hal yang bisa dikerjakan pada penelitian selanjutnya sehubungan dengan rekayasa kebutuhan berorientasi pada tujuan.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)