Perlunya Sistem Informasi dalam Mengelola Data Rutin untuk Monitoring Kesehatan Ibu dan Anak

by Yusni Zainal,Guardian Yoki Sanjaya,Mubasysyir Hasanbasri
( Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran UGM, Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran UGM )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Monitoring KIA,PWS KIA,Sistem Informasi Kesehatan

Abstract

KIA merupakan salah satu masalah penting pencapaian pembangunan kesehatan di dunia. Penangaan masalah KIA memerlukan keputusan yang cepat dan tepat menggunakan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Di Indonesia, monitoring KIA menggunakan instrumen Pemantauan Wilayah Setempat sebagai alat monitoring sekaligus manajemen data KIA. Namun demikian sebagian besar Dinas Kesehatan masih menggunakan PWS KIA secara manual sehingga menyulitkan melakukan pemantauan. Pendekatan studi kasus deskriptif bersifat kualitatif dilakukan di Kabupaten Sinjai untuk mengetahui pemanfaatan data rutin PWS KIA untuk pengambilan keputusan dalam monitoring KIA serta melihat peluang pemanfaatan sistem informasi untuk program KIA. Ketersediaan, frekuensi, pengolahan dan penyimpanan data PWS KIA hanya mendukung pengambilan keputusan bersifat periodik serta tidak mempengaruhi proses monitoring. Penekanan pencapaian target mendorong manipulasi data. Pelaksanaan monitoring hanya dilaksanakan di level desa dengan menggunakan data dari register dan kohort ibu. Pemanfaatan teknologi informasi untuk program KIA masih memerlukan dukungan anggaran, SDM dan komitmen organisasi, walaupun kebutuhan infrastruktur sudah mencukupi.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)