Perancangan Sistem Informasi Geografis Ruang Terbuka Hijau Kota Manado

by Nancy Tuturoong,Yaulie Rindengan,Silvana Kawulur,Stanley Karouw
( Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi, Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi, Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Disciplined Agile Delivery,Quantum GIS,Ruang Terbuka Hijau,Sistem Informasi Geografis

Abstract

Ruang Tata Hijau adalah bagian terintegrasi dari perkembangan Kota Manado yang pesat. Ruang Terbuka Hijau perlu di rencanakan agar dapat mengatur dan mengelola ruang atau lahan kota sehingga memberikan keseimbangan lingkungan kota secara optimal. Paper ini menjelaskan proses analisa dan perancangan Sistem Informasi Geografis Ruang Terbuka Hijau Kota Manado. Panduan proses dan aktivitas mengacu pada metodologi Disciplined Agile Delivery. Tools pengembangan menggunakan QuantumGIS yang berbasis open source untuk pengembangan sistem informasi yang cost-effective. Hasil yang dicapai adalah peta dan basis data Ruang Terbuka Hijau Kota Manado.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)