Perancangan Aplikasi Perhitungan Indeks ICT Pura di Provinsi Sulawesi Utara Berbasis Web

by Yaulie Rindengan,Virgina Tulenan,Wahjoe Dyah Ayuningtyas,Stanley Karouw
( Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi, Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi, Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi, Program Studi Teknik Inform )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: sistem informasi,Disciplined Agile Delivery,ICT PURA

Abstract

Perkembangan TIK yang pesat membuat, pemerintah mengadakan suatu penghargaan yaitu ICT-PURA. Penghargaan ini diberikan kepada kabupaten/kota yang wilayah yang sudah berbasis Digital City yaitu sebuah kota yang berhasil mengelola TIK dengan baik sehingga memberikan kontribusi manfaat yang signifikan terhadap sistem kehidupan masyarakatnya. Program ICT-PURA ini di rancang untuk memenuhi sejumlah objektif utama yaitu, untuk mengetahui tingkat kesiapan setiap kabupaten dan kota dalam menghadapi era ekonomi digital, dengan menggunakan Program ICT-PURA untuk mengukur besaran gap riil antara target dan kondisi sebenarnya pada setiap strategi nasional untuk menghasilkan solusi, serta untuk memberikan motivasi, dukungan, insentif, dan apresiasi bagi kabupaten dan kota yang bekerja keras dan mempersiapkan diri dalam menghadapi era digital melalui beragam program pembangunan penerapan TIK di wilayah masing-masing. Paper ini mengusulkan proses pengembangan sistem aplikasi berbasis Web ICT Pura, yang dapat menghitung indeks ICT Pura pada tingkat provinsi. PRoses analisa dan perancangan menggunakan pendekatan agile, yakni metodologi Disciplined Agile Delivery, denganmenggunakan tools Dreamwaver 8 dan Wamppserver.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)