Sistem Informasi Berbasis Web dalam Pengendalian Masalah Kesehatan pada Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara

by Yonatan Parassa
( Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Informatika Politeknik Negeri Manado )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: sistem informasi berbasis web,pengendalian masalah kesehatan,integrasi data,waterfall,penyajian tabel dan grafik

Abstract

Pengolahan data pengendalian masalah kesehatan pada Dinas Kesehatan pemerintahan Provinsi Sulawasi Utara masih dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak umum aplikasi perkantoran. Terlambatnya input data mengakibatkan terlambatnya pelaporan yang berpengaruh dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan pengendalian masalah kesehatan, sehingga terdapat kekurangan dengan target kinerja yang semula direncanakan. Sistem informasi pengendalian masalah kesehatan yang dibangun dengan menggunakan metode waterfall sesuai identifikasi kebutuhan. Data pengendalian masalah kesehatan berasal dari seluruh kabupaten/kota yang berada dalam lingkup provinsi Sulawesi Utara. Dengan adanya integrasi data yang dibangun dalam bentuk sistem informasi yang dianalisis secara statistik sehingga tersaji dalam bentuk tabel dan grafik. Hal ini member kemudahan pembuatan laporan-laporan/ informasi tepat waktu, sehingga pengambilan keputusan berjalan dengan benar yang berguna untuk mencapai target kinerja, ataupun merencanakan program-program kerja dalam bidang pengendalian masalah kesehatan.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)