Perancangan dan Pembangunan Perangkat Lunak Berorientasi Arsitektur Servis (SOA) Dengan Pendekatan Workflow Pada Domain Cash Bank dan General Ledger ERP

by Dwi Sunaryono,Riyanarto Sarno,Victor Hariadi,Yusuf Kurniawan
( Teknik Informatika Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Teknik Informatika Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Teknik Informatika Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Teknik Informatika Teknolog )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: MVC,CB,GL,SOA,Workflow

Abstract

Pada perusahaan, skala kecil, menengah ataupun besar, akuntansi keuangan adalah bagian penting. Pengelolaan akutansi keuangan dalam perusahaan antara lain adalah manajemen kas / bank dan buku besar. Pada paper ini, dikembangkan sebuah perancangan dan pembangunan perangkat lunak Cash Bank (CB) dan General Ledger (GL). CB berfungsi untuk menangani sistem pencatatan pemasukan dan pengeluaran kas, bank, cek dan giro. GL digunakan untuk pencatatan ayat jurnal, mengatur rekening, mengatur periode akuntansi serta mencetak laporan laba rugi dan neraca keuangan. Aplikasi ini menggunakan arsitektur berorientasi servis (SOA) dengan sistem Model-View-Controller (MVC) dan Workflow berbasis .NET. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perancangan dan pembuatan perangkat lunak berhasil melakukan pencatatan berbagai fungsionalitas penting CB dan GL antara lain pemasukan dan pengeluaran melalui kas, bank, cek dan giro, pencatatan ayat jurnal, mengatur rekening, mengatur periode akuntansi serta mencetak laporan laba rugi dan neraca keuangan. Secara umum, perangkat lunak telah berhasil memenuhi spesifikasi CB dan GL yang dibutuhkan pada sistem ERP dan terintegrasi dengan domain fungsi yang lain.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)