Struktur Data Datawarehouse Tanaman Obat Indonesia dan Hasil Penelitian Obat Tradisional

by Rusli Suryanto,Djoni Setiawan K.
( Prodi S1 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha, Prodi D3 Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: gudang data,struktur data,tanaman obat,obat tradisional

Abstract

Kekayaan tanaman obat dan obat tradisional merupakan sebuah anugerah yang dimiliki oleh rakyat Indonesia yang belum tercatat dalam sebuah gudang data (datawarehouse) terpusat. Ketiadaan gudang data tersebut menyebabkan minimnya informasi tanaman obat yang dikenal oleh masyarakat dan memungkinkan berulangnya penelitian terhadap tanaman obat yang sama. Untuk dapat menampung data tanaman obat dan hasil-hasil penelitian tanaman obat tersebut dalam bentuk obat tradisional diperlukan adanya suatu gudang data yang disesuaikan dengan keperluan informasi oleh para peneliti tanaman obat dan obat tradisional. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh adanya enam kelompok data utama yang dapat dijadikan dasar dalam pembuatan struktur data sebuah gudang data tanaman obat dan data obat tradisional. Penambahan kelompok data baru dari enam kelompok data yang telah ada masih dimungkinkan, khususnya untuk bidang penelitian lainnya.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)