Penerapan OLAP untuk Monitoring Kinerja Perusahaan

by I Dewa Made Adi Baskara Joni,Muhamad Nurudin
( Jurusan Manajemen Teknik Informatika STMIK STIKOM Indonesia, Jurusan Manajemen Teknik Informatika STMIK STIKOM Indonesia )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: monitoringsupply,OLAP,dimensions,measures,analisa

Abstract

Perkembangan teknologi informasi semakin pesat dengan beragam perangkat teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia. Dalam dunia bisnis, khususnya perusahaan distributor dapat merasakan manfaat penggunaan teknologi informasi tersebut. Saat ini yang terus dikembangkan adalah teknologi informasi yang digunakan untuk mempermudah manajemen dalam memonitor perkembangan usahanya dengan efektif. Berdasarkan hasil analisa dan uji coba yang dilakukan pada sistem secara keseluruhan, dapat dikatakan sistem dapat berjalan dengan baik. Dengan menentukan dimensi dan measures dalam OLAP maka data yang ditampilkan dalam bentuk grafik dan tabel sangat membantu pihak manajemen untuk memonitor transaksi penjualan, transaksi pembelian, stok barang, dan produk yang diminati konsumen. Hal ini disebabkan karena data bisa dianalisa dari berbagai sisi (dimensi dan measures yang bisa dipilih) dan dalam penyajian datanya bisa dengan metode slicing dan dicing.


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)