Peramalan Produksi Ubi Kayu Propinsi Jawa Tengah Menggunakan Algoritma Ekstrapolasi Polinomial Newton

by Brian L. Djumaty,Andeka Rocky Tanaamah,Alz Danny Wowor
( Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana )

Date Published: 02 Dec 2013
Published In: Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO)
Volume: 2013
Publisher: Departemen Sistem Informasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Language: id-ID

Keywords: Ekstrapolasi Polinomial Newton,Mean Absolute Percentage Error (MAPE),Double Exponential Smoothing.

Abstract

Tingkat produksi ubi kayu propinsi Jawa Tengah yang tidak menentu dan bersifat fluktuatif sehingga sangat sulit untuk mendapatkan informasi dalam memenuhi permintaan yang semakin meningkat diwaktu yang akan datang, masalah ini dapat didekati menggunakan metode peramalan. Polinomial Newton merupakan salah satu implementasi metode numerik yang digunakan untuk membuat polinom dari titik-titik pada suatu grafik. Penelitian ini melakukan peramalan dengan menggunakan ekstrapolasi polinomial Newton. Hasil yang diperoleh diuji menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) untuk melihat performansi metode terhadap data yang diramalkan. MAPE terkecil diperoleh hanya pada polinomial derajat-2 yaitu 11,68 sedangkan untuk derajat polinomial yang lain cukup besar. Sebagai pembanding dipilih Double Exponential Smoothing dan MAPE yang diperoleh hanya 0,014. Oleh karena itu algoritma ekstrapolasi polinomial Newton kurang direkomendasikan untuk meramalkan produksi ubi kayu di Propinsi Jawa Tengah


© 2019 Open Access Journal of Information Systems (OAJIS) | created by : radityo p.w (http://about.me/radityopw) and rully a.h (eraha99 [at] gmail.com)